trubus.id
Life » Setelan Jamur, Cara Baru Bantu Pembusukan Tubuh Ma...
Setelan Jamur, Cara Baru Bantu Pembusukan Tubuh Mayat yang Ramah Lingkungan

Setelan Jamur, Cara Baru Bantu Pembusukan Tubuh Mayat yang Ramah Lingkungan

Thomas Aquinus - Selasa, 23 Jul 2019 08:00 WIB

Trubus.id -- Keberlanjutan alias sustainability mungkin jadi hal terakhir di pikiran ketika bicara soal kematian, tetapi seorang wirausahawan ini percaya bahwa setiap orang bisa ramah lingkungan baik dalam keadaan hidup ataupun mati. Sebuah setelan jamur yang luar biasa telah tersedia untuk dikenakan oleh orang mati saat mereka dikuburkan, dan itu menawarkan cara untuk membatasi dampak lingkungan dari cara pemakaman tradisional.

Dampak praktik pemakaman konvensional hanya sedikit diketahui dan jarang pula dibahas. Peti mati membutuhkan penebangan dan perawatan kimia pada kayu, termasuk pernis beracun. Mayat hampir selalu diberi formalin, yang merupakan bahan kimia pembalseman yang sangat beracun yang dilepaskan ke lingkungan. Kremasi adalah pilihan lain, tetapi bukan tanpa dampak negatifnya sendiri. Proses kremasi sangat intensif energi dan membutuhkan suhu hingga 2000 derajat Fahrenheit.

Baca Lainnya : Keren, Ritel Ini Gunakan Kemasan dari Bahan Jamur Kompos untuk Produknya

"Infinity Burial Suit" menjalin spora jamur ke dalam benang setelan tersebut sehingga jamur tumbuh di tubuh dan dengan cepat membusuk dengan memberi makan nutrisi. Jamur adalah pengurai yang bermanfaat dan membantu menetralisir tanah dengan mencerna dan memfilter kontaminan seperti pestisida atau logam berat. Setelan ini telah dijual sejak 2016 di situs web perusahaan. Harganya US$1.500 dan tersedia dalam warna hitam dan alami serta dalam tiga ukuran. Tim di balik setelan itu juga menawarkan opsi pemakaman alternatif untuk hewan peliharaan.

Menurut Jae Rhim Lee, pemilik perusahaan setelan jamur, masyarakat perlu mengubah cara berpikir kita tentang kematian secara umum, dan setelan ini adalah langkah penting.

Baca Lainnya : Konsumsi Jamur Ini Bisa Tingkatkan Kreativitasmu Selama Seminggu

"Untuk setiap orang yang menggunakan Infinity Burial Suit, akan ada banyak lagi yang menyaksikan pilihan untuk kembali ke bumi dan menggunakan tubuh seseorang dengan cara yang bermanfaat," kata Lee. “Secara kumulatif, ini akan membantu menciptakan perubahan budaya menuju penerimaan budaya akan kematian dan tanggung jawab pribadi kita untuk kelestarian lingkungan.”

A Sustainable Death! Cool! [NN]

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020