trubus.id
Peristiwa » BMKG Ingatkan Nelayan Waspadai Gelombang Tinggi Hi...
BMKG Ingatkan Nelayan Waspadai Gelombang Tinggi Hingga 4 Meter di Perairan Sulawesi Tenggara

BMKG Ingatkan Nelayan Waspadai Gelombang Tinggi Hingga 4 Meter di Perairan Sulawesi Tenggara

Astri Sofyanti - Senin, 22 Jul 2019 16:30 WIB

Trubus.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengeluarkan informasi peringatan dini adanya potensi gelombang tinggi hingga mencapai empat meter di peraran Laut Banda Timur Sultra.

Mengingat adanya potensi gelombang tinggi tersebut, BMKG Kendari, mengimbau nelayan dan jasa pelayaran ataupun angkutan laut untuk mewaspadai gelombang tinggi tersebut.

“Kami mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi mencapai empat meter pada Senin 22 Juli 2019 mulai pukul 08.00 sampai pukul 20.00 WITA. Gelombang tinggi terkadang suka berubah-ubah,” demikian disampaikan Petugas informasi dan Observasi BMKG Kendari, Adi istiyono di Kendari, Senin (22/7/19) melansir dari Antaranews.

Lebih lanjut BMKG Kendari mengeluarkan perkiraan gelombang tinggi di atas 1,5 sampai 2,5 meter berpotensi terjadi di Perairan Baubau, Perairan Kepulauan Wakatobi, Perairan Manui- Kendari, Teluk Tolo, Perairan Kepulauan Banggai dan Perairan Kepulauan Sula, Sulawesi Tengah.

Sementara itu, gelombang tinggi di atas 2,5 sampai 4,0 meter berpotensi terjadi di wilayah Laut Banda Timur Sultra. Oleh karena itu, BMKG meminta nelayan yang melintas di wilayah tersebut untuk memperhatian risiko dan utamakan keselamatan pelayaran.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada, dan setiap saat meng-update informasi dari situs resmi BMKG," tambah Adi.

Sementara itu, terkait perkiraan cuaca Sulawesi Tenggara, Selasa (23/7/19). Adi menjelaskan, hampir seluruh Wilayah Sulawesi Tenggara cerah hingga berawan. Sementara cuaca pada siang dan sore hari, umumnya wilayah cerah hingga berawan dan malam hari juga wilayah Sultra umumnya cerah hingga berawan.

"Umumnya wilayah Sulawesi Tenggara Senin (22/7/19) hingga Selasa (23/7/19) cerah hingga berawan dengan suhu udara antara 20 - 33 derajat celsius, kelembaban udara antara 60 hingga 95 persen dengan kecepatan angin dari timur ke tenggara per 2 sampai 30 kilometer per jam,” tandasnya.

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020