trubus.id
Kurangi Jejak Karbon, Bisakah Kamu Berhenti Streaming Netflix dan Youtube?

Kurangi Jejak Karbon, Bisakah Kamu Berhenti Streaming Netflix dan Youtube?

Thomas Aquinus - Kamis, 18 Jul 2019 06:00 WIB

Trubus.id -- Obsesi digital dunia tak datang tanpa jejak karbon. Tahun 2022, 60 persen dari 7,5 miliar orang di dunia akan memiliki akses internet dan 80 persen dari penggunaan internet adalah untuk streaming video. Streaming data kini telah melampaui industri dirgantara dalam hal emisi karbon. Jadi haruskah kita berhenti menonton Netflix dan Youtube? Satu lembaga politik dan ekonomi Prancis sepertinya berpikiran demikian.

Menurut The Shift Project, sampai ekonomi dunia secara realistis dapat beralih ke energi terbarukan, maka di setiap negara di mana internet digunakan, orang harus mempertimbangkan untuk membatasi streaming video mereka. Laporannya baru-baru ini menunjukkan bahwa menonton video online melepaskan 300 juta ton karbon dioksida ke atmosfer pada tahun 2018 saja, tentang jumlah emisi tahunan yang sama dengan seluruh negara Spanyol.

Baca Lainnya : Konsentrasi Karbon Dioksida di Atmosfer Bumi Capai Tingkat Tak Terlihat Selama 3 Juta Tahun

“Kita memiliki sumber daya energi yang terbatas. Internet adalah hal yang mendunia, sehingga dibutuhkan setiap negara di dunia untuk ditenagai oleh energi terbarukan,” kata Maxime Efoui-Hess dari The Shift Project. Karena tujuan itu masih jauh, dia juga mengatakan kita tidak boleh membiarkan internet tumbuh secepat sekarang - pada dasarnya menganjurkan untuk membatasi akses internet dan konektivitas global untuk penduduk miskin dan pedesaan, yang merupakan yang terakhir mengakses dan siap menggunakan internet.

Baca Lainnya : Kurangi Jejak Karbon, Truk Es Krim Ini Bebas Emisi, Loh

Efoui-Hess juga merekomendasikan sedikit perubahan seperti menonton di layar yang lebih kecil dan tidak menggunakan definisi tinggi (High Definition) - perubahan yang merupakan pengorbanan pribadi kecil sementara 100 perusahaan teratas terus memancarkan lebih dari 70 persen gas rumah kaca dunia.

Jika Trubus Mania memang gelisah karena perubahan iklim, maka setiap tindakan kecil bisa membuatmu merasa seperti melakukan sebuah tindakan, berhenti menonton acara Netflix favoritmu. Tetapi taruhan terbaik adalah melanjutkan advokasi untuk perubahan kebijakan dan ekonomi utama yang mengurangi polusi dan emisi yang tidak terkendali di antara perusahaan dan sektor tersebut dalam posisi untuk membuat perubahan pada skala yang berarti.

Oh, such a hard thing to do, right? [NN]

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

26 Okt 2020
19 Okt 2020
19 Okt 2020