trubus.id
Begini Cara Sembuhkan Penyu yang Terluka dengan Bra Lama

Begini Cara Sembuhkan Penyu yang Terluka dengan Bra Lama

Thomas Aquinus - Selasa, 16 Jul 2019 19:30 WIB

Trubus.id -- Dengan keahlian yang tepat, sebetulnya tak perlu peralatan macam-macam untuk memperbaiki cangkang kura-kura yang terluka. Para penyelamat satwa liar menyatukan kembali cangkang kura-kura yang rusak dan kemudian menahan potongan-potongan tersebut  dengan kawat dan pengait bra. Yes, bra

Di Carolina Waterfowl Rescue di North Carolina, mereka menemukan bahwa jepitan di ujung bra sangat membantu menjaga kawat-kawat tersebut tetap di tempatnya. Pusat rehabilitasi tersebut sebetulnya telah memasukkan jepitan pada wish list mereka selama berbulan-bulan tetapi tidak ada yang menyumbang. Mereka lantas bertanya di media sosial agar orang mengirim jepitan dari bra lama. Suddenly, the idea took off. 

Tak lama, orang-orang tidak hanya mengirim bra lama mereka, mereka bahkan memesan jepit dalam jumlah besar dan mengirimkannya.

Baca Lainnya : Beberapa Jenis Kura-kura Bisa Hidup Tanpa Oksigen, Ternyata Ini Rahasianya

Pusat rehabilitasi itu baru-baru memposting di Facebook bahwa mereka kewalahan dengan sumbangan jepitan dan sedang mencari kelompok penyelamat penyu lain yang juga akan mendapat manfaat dari persediaan yang ada. Bagi mereka yang masih ingin membantu, disarankan menggunakan uang yang akan mereka gunakan untuk pengiriman dan hanya memberikan sumbangan kepada grup.

"Kami memiliki begitu banyak hal lain yang benar-benar kami perlukan untuk membantu penyu jadi jika saya dapat meminta bantuan besar. Tolong sumbangkan saja uang yang Anda rencanakan untuk pengiriman. Jika semua orang melakukan ini, kura-kura tidak akan pernah menginginkan apa pun lagi. Kami membantu begitu banyak hewan di sini dan sumbangan benar-benar turun belakangan ini," tulis posting itu.

"Karena orang bersedia menghabiskan jumlah ini untuk pengiriman, akan lebih masuk akal untuk membiarkan kami membeli makanan dan obat-obatan yang mereka butuhkan dan membayar tagihan listrik untuk membuat kamar penyu lebih nyaman."

Baca Lainnya : 1 dari 4 Kura-kura Langka yang Tersisa di Bumi, Mati Usai Diinseminasi

Pulihkan, lalu lepaskan

Kelompok penyelamat membantu sebanyak 40 penyu dalam waktu seminggu, tergantung pada musim, menurut CNN. Sering kali mereka ditabrak mobil ketika menyeberang jalan, atau mereka menjadi korban mesin pemotong rumput ataupun anjing.

Penyu dapat menghabiskan tiga hingga delapan minggu untuk pulih dari cedera mereka. Setelah cangkang mereka sembuh, jepit dan kawat dilepas sebelum dilepaskan ke alam liar.

So, ada bra lama yang mau disumbangkan? [NN]

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

26 Okt 2020
19 Okt 2020
19 Okt 2020