trubus.id
Ini Alasan Kenapa Olahragawan Wajib Konsumsi Pisang

Ini Alasan Kenapa Olahragawan Wajib Konsumsi Pisang

Thomas Aquinus - Minggu, 14 Jul 2019 14:00 WIB

Trubus.id -- Selama ini, pisang sering menjadi makanan wajib bagi para olahragawan karena pisang memiliki manfaat untuk mengatasi kram otot setelah olahraga. Keluhan yang sering menyerang yaitu otot kaki, betis, paha belakang dan depan ini bisa sangat menyakitkan dan membuat penderitanya kesulitan untuk berjalan.

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dilansir KlikDokter, kram otot terjadi akibat spasme otot (kejang/kaku otot) yang dipengaruhi oleh kontraksi otot terlalu keras dan berlebihan.

"Kram otot dapat terjadi pada siapa saja dan kapan saja, terutama pada atlet yang rutin berolahraga dan orang usia lanjut karena faktor penurunan massa otot," ujarnya.

Baca Lainnya : Ragam Manfaat Jantung Pisang, Menambah ASI Hingga Menormalkan Menstruasi

Kram otot dapat terjadi selama beberapa detik hingga menit. Beberapa hal yang berperan pada durasi terjadinya kram otot meliputi:

Mencegah kram otot dengan pisang
Perlu Trubus Mania ketahui, faktor penyebab kram otot yang paling umum ditemukan adalah dehidrasi atau kekurangan cairan. Saat kamu mengalami kondisi ini, kalium di dalam tubuh sedang dalam kadar yang rendah sehingga kram otot lebih mungkin terjadi.

Nah, pisang merupkan salah satu pemasok zat kalium yang baik. Satu buah pisang mampu memberikan sekitar 420 miligram kalsium. Oleh sebab itu, apabila kamu makan pisang sebelum dan setelah berolahraga, risiko terjadinya kram otot bisa diminimalkan.

Baca Lainnya : Masker Pisang, Cegah Kulit Kusam Hingga Rambut Bercabang

Namun, apabila kamu tidak terlalu menyukai pisang, makanan lain yang juga kaya kalium dan bisa kamu jadikan sebagai alternatif adalah ubi jalar, kismis, kacang polong, lentil, labu, dan bayam yang dimasak.

Supaya efektif mencegah kram otot, kamu mesti mengombinasikan konsumsi pisang atau makanan tinggi kalium lain dengan menjalankan gaya hidup sehat. Selain itu, kamu juga wajib melakukan peregangan sebelum dan setelah berolahraga. [NN]

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

03 April 2020
03 April 2020
03 April 2020

Baca Juga

Berita Lainnya