trubus.id
Koperasi Harus Lakukan Reformasi Mindset dan  Tatakelola

Koperasi Harus Lakukan Reformasi Mindset dan Tatakelola

Thomas Aquinus - Jumat, 12 Jul 2019 12:30 WIB

Trubus.id -- Memperingati hari Koperasi ke-72, Staf Ahli Menteri Koperasi dan UKM Bidang Produktifitas dan Daya Saing Kemenkop dan UKM Herustiati menyatakan, koperasi harus melakukan reformasi total baik dalam cara pandang maupun ketatakelolaan usaha mereka.

Hal tersebut dikatakannya saat menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Koperasi Nasional ke-72 di Jakarta, Jumat (12/7). Dirinya mengakui bahwa tantangan baru koperasi saat ini yaitu persoalan mindset atau paradigma dan juga perubahan dalam sistem tata kelola.

"Dalam konteks itu, maka koperasi harus melakukan reformasi total terhadap sistem kepranataan yang sudah berjalan selama ini," ujar Herustiati.

Baca Lainnya : Koperasi Kopi Bandung Sukses Tembus Pasar Dunia

Herustiati mengatakan, selama 5 tahun terakhir pihaknya telah menjalankan program reformasi total dalam rangka mendorong koperasi beradaptasi dan bertransformasi menghadapi lingkungan yang selalu berjalan dinamis.

Menurutnya, kedepannya koperasi harus mempunyai kreativitas dan inovasi yang tinggi untuk menata organisasi dan strategi bisnis mereka.

Pemerintah berharap, koperasi memanfaatkan teknologi digital dengan menggunakan platform e-commerce aplikasi ritel daring dan pengembangan aplikasi bisnis lainnya. Jika hal tersebut dilakukan oleh koperasi, Herustiati menilai koperasi dapat merangkul generasi millenial, yang saat ini jumlah mereka telah mencapai sepertiga dari penduduk Indonesia. [NN]

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

15 Juli 2020
15 Juli 2020
15 Juli 2020