trubus.id
Tinggi Potasium, 7 Buah Ini Paling Cocok Dikonsumsi untuk Mengurangi Tekanan Darah

Tinggi Potasium, 7 Buah Ini Paling Cocok Dikonsumsi untuk Mengurangi Tekanan Darah

Syahroni - Minggu, 07 Jul 2019 15:30 WIB

Trubus.id -- Mentimun hingga saat ini banyak dipercaya bisa menurunkan tekanan darah. Meski faktanya memang demikian, namun tidak semua orang suka mengonsumsi mentimun karena rasanya yang hambar.

Sebagai alternatif, pakar kesehatan lebih menyarankan untuk mengonsumsi beberapa jenis buah-buahan yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Buah yang banyak mengandung potasium yang jadi pilihannya. Para ahli menyebut, kandungan ini sebaiknya dikonsumsi sekitar 4.700 mg setiap hari demi memberikan manfaat tersebut.

Dilansir dari doktersehat, berikut adalah beberapa buah yang tinggi kandungan potasium sehingga bisa membantu menurunkan tekanan darah dengan efektif.

Buah jeruk

Siapa sangka, buah jeruk ternyata juga bisa membantu menurunkan tekanan darah, lho. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan potasium di dalamnya. Selain itu, jika kita mengonsumsi 100 gram saja buah jeruk, maka kita sudah mendapatkan asupan vitamin C dan 181 miligram mineral yang bisa membantu menyehatkan pembuluh darah. Rutin mengonsumsinya juga bisa membuat sistem kekebalan menjadi lebih kuat.

Pisang

Tak hanya mengenyangkan, pisang juga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan potasium yang cukup tinggi di dalamnya. Sebagai informasi, jika kita makan 100 gram buah pisang, maka kita sudah bisa mendapatkan 358 miligram potasium. Selain itu, kandungan serat di dalam pisang juga cukup tinggi sehingga bisa membantu mencegah kenaikan kolesterol, salah satu faktor penyebab meningkatnya tekanan darah.

Alpukat

Alpukat tak hanya baik untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalani program diet. Buah yang mengenyangkan ini ternyata juga tinggi nutrisi. Kandungan potasium di dalam alpukat ternyata jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pisang, yakni sekitar 458 miligram untuk setiap 100 gram buah ini.

Tomat

Editor : Syahroni

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020