trubus.id
Life » Larva BSF Berpotensi untuk Merevolusi Cara Kita 'M...
Larva BSF Berpotensi untuk Merevolusi Cara Kita 'Memberi Makan Dunia'

Larva BSF Berpotensi untuk Merevolusi Cara Kita 'Memberi Makan Dunia'

Syahroni - Sabtu, 06 Jul 2019 15:00 WIB

Trubus.id -- Sebuah laporan baru dari Washington Post menggambarkan bagaimana panen larva lalat tentara hitam atau Black Soldie Fly (BSF) berpotensi untuk "merevolusi cara kita memberi makan dunia." Satu hektar larva ini dapat menghasilkan lebih banyak protein dari limbah organik daripada 3.000 hektar lahan peternakan.

Populasi global diperkirakan akan mencapai hampir 10 miliar pada pertengahan abad, yang merupakan peningkatan dari tiga miliar orang dari 2010. Ketika kita mendekati ledakan populasi ini, para ahli mencari cara berkelanjutan untuk memberi makan dunia.

Baca Lainnya : 5 Keuntungan Mengelola Sampah Organik Pakai Magot

Salah satu target terbesar adalah perubahan besar dari protein hewani dengan menemukan pengganti daging. Protein serangga adalah protein berkualitas tinggi, dan ada lebih dari 1.700 jenis serangga yang telah diidentifikasi oleh para ilmuwan sebagai dapat dimakan.

Jeff Tomberlin, seorang profesor entomologi di Texas A&M University, mengatakan kepada Washington Post bahwa industri larva lalat prajurit hitam dapat "menyelamatkan jiwa, menstabilkan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, dan melindungi lingkungan."

Satu koloni lalat tentara dapat mengubah satu ton limbah, termasuk sisa makanan atau kotoran ternak, menjadi 100 pon protein berkualitas tinggi dan 400 pon kompos.

"Tidak ada alasan mengapa kita tidak boleh melakukan ini pada skala tertentu di seluruh dunia," kata Tomberlin.

Sebuah perusahaan bernama Symton BSF memanen larva lalat prajurit hitam dan menjualnya sebagai makanan untuk reptil dan hewan peliharaan eksotis. Larva diberi makan campuran biji-bijian berpemilik yang akan memberikan nutrisi optimal bagi hewan yang akan memakannya. Lalat prajurit juga sangat tinggi kalsium, mengandung 50 kali lebih banyak per gram daripada jangkrik atau ulat makan.

Baca Lainnya : Magot, Pengolah Sampah Organik yang Handal

Di luar nilainya sebagai makanan, lalat tentara juga hebat dalam menghilangkan limbah makanan, mengonsumsi dua kali lipat berat makanan dalam satu hari. Belatung dapat digunakan untuk membantu menghilangkan sebagian dari jutaan ton CO2 yang dilepaskan dari limbah makanan yang membusuk.

"Ada banyak upaya yang dilakukan untuk tepung jangkrik atau ulat tepung untuk bahan protein untuk segalanya mulai dari pasta hingga kue hingga keripik," kata Tomberlin kepada Post seraya menambahkan bahwa protein lalat tentara kemungkinan akan mengikuti. 
"Ketika Anda berjalan di fasilitas ini dalam 10 tahun ke depan, kami akan melihat kembali era ini dan mengatakan kami baru memulai." tambahnya lagi. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020