trubus.id
Peristiwa » Organisasi Selancar Dunia Serukan Antiplastik dan...
Organisasi Selancar Dunia Serukan Antiplastik dan Targetkan Netral Karbon

Organisasi Selancar Dunia Serukan Antiplastik dan Targetkan Netral Karbon

Thomas Aquinus - Sabtu, 29 Jun 2019 11:00 WIB

Trubus.id -- World Surf League (WSL) dikenal sebagai otoritas untuk semua hal yang berhubungan dengan selancar, terkenal karena menampilkan peselancar profesional paling berbakat ke seluruh dunia. Sekarang, mereka memutuskan untuk menggunakan platform yang kuat itu untuk memberikan contoh bagi organisasi olahraga di mana pun dengan berkomitmen pada inisiatif lingkungan yang substansial. 

Sebelumnya pada bulan Juni, WSL mengumumkan serangkaian janji yang akan berlaku untuk semua acara WSL Championship Tour dan Big Wave Tour. Mereka termasuk menjadi karbon netral secara global pada akhir 2019, menghilangkan plastik sekali pakai pada akhir 2019 dan meninggalkan setiap tempat lebih baik daripada yang ketika mereka datang. Sebagai catatan, WSL menjalankan lebih dari 230 acara selancar global setiap tahun.

Mengingat ada jutaan penggemar WSL, dan rencana organisasi untuk mengadakan kompetisi di seluruh Australia, Indonesia, Brasil, Afrika Selatan, Tahiti, Prancis, Portugal, California, dan Hawaii pada 2019 saja, komitmen publik ini tampaknya cukup bisa untuk menginspirasi orang lain dalam mengatasi masalah kritis tentang keadaan lingkungan kita.

Baca Lainnya : Peneliti Temukan Jamur Ajaib yang Bisa Menyerap Emas dari Lingkungannya

Bersamaan dengan pengumuman itu muncul perluasan upaya konservasi laut WSL yang sudah aktif dengan meluncurkan kampanye global untuk “Stop Trashing Waves” dengan lengan nirlaba, WSL PURE (“Melindungi Memahami dan Menghargai Lingkungan”).

CEO WSL, Sophie Goldschmidt, berbicara tentang membuka jalan baru di dunia olahraga ketika datang ke "pertempuran mendesak melawan perubahan iklim dan polusi laut," mengatakan, "Kami percaya itu adalah tanggung jawab kami untuk melindungi laut dan pantai di tengah krisis iklim yang menghancurkan, yang kita semua hadapi. Kami mengundang semua orang yang peduli tentang lautan untuk bergabung dengan kami."

Baca Lainnya : Rumput Dapat Dijadikan Sedotan Ramah Lingkungan, Bagaimana Bisa?

Lalu bagaimana rencana WSL dalam melaksanakan tujuan-tujuan ini? Sebagai permulaan, organisasi ini mengimbangi jejak karbonnya dengan berinvestasi di proyek-proyek penyeimbang karbon bersertifikat REDD + dan VCS (Verified Carbon Standard). Proyek-proyek ini difokuskan pada pemulihan dan perlindungan ekosistem energi alami dan terbarukan yang berbasis di masing-masing wilayah operasi WSL. WSL juga akan berupaya membatasi perjalanan yang tidak penting dan menerapkan kebijakan untuk mengurangi emisi karbon di dalam kantornya.

Juara WSL 11 kali dan legenda selancar, Kelly Slater, berbicara tentang rencana-rencana itu dengan antusias. "Saya pikir ini sikap yang bagus dan pesan penting untuk dikirim ke orang-orang di seluruh dunia. Lautan sangat penting bagi semua orang, untuk makanan, untuk oksigen dan terutama bagi kita peselancar. Saya pikir semua orang harus memprioritaskan untuk peduli tentang masalah ini dan membuat perubahan dalam hidup mereka untuk membantu." [NN]

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020