trubus.id
Banjir Rendam Ratusan Hektare Lahan Pertanian di Samarinda Utara

Banjir Rendam Ratusan Hektare Lahan Pertanian di Samarinda Utara

Astri Sofyanti - Selasa, 11 Jun 2019 18:00 WIB

Trubus.id -- Intensitas curah hujan lebat beberapa hari belakangan mengakibatkan Desa Lempake di Samarinda Utara, Kalimantan Timur terendam banjir. Dampaknya, tak hanya merendam permukiman warga, banjir dilaporkan juga merendam ratusan hektare lahan pertanian milik warga setempat. Akibat kondisi ini, lahan pertanian yang hampir memasuki puncak produksi, terancam gagal panen.

Seperti diketahui, Desa Lempake sendiri menjadi lumbung pangan bagi Kota Samarinda karena sebagian besar wilayahnya adalah lahan pertanian. Meski begitu, Lampake juga langganan dilanda banjir bila curah hujan tinggi. Kondisi ini terjadi karena letak geografisnya yang berada di wilayah utara Kota Samarinda.

Baca Lainnya : 1.064 Hektare Lahan Pertanian dan 420 Hektare Lahan Perikanan Hancur Diterjang Banjir di Sulawesi Tenggara

Bilal, salah seorang petani di Kelurahan Lampake mengatakan, banjir telah merendam lahan pertaniannya sejak beberapa hari belakangan. Tak hanya merusak lahan padi, lahan jagung warga juga ikut terdampak.

“Sawah yang terendam banjir pasti akan gagal panen. Baik tanaman padi atau jagung pasti mati,” ujar Bilal melansir Antaranews, Selasa (11/6).

Baca Lainnya : Erupsi Sinabung Sebabkan Lahan Pertanian di 3 Kecamatan Rusak

karena kondisi ini, kata dia, petani terancam merugi cukup besar karena biaya operasional mulai dari membeli bibit hingga pupuk yang telah mereka keluarkan tak sedikit.

“Saya rugi Rp5 juta, ini modal untuk membeli benih padi saja, idealnya kalau panen bisa menghasilkan 50 karung beras,” ujarnya.

Untuk itu, dirinya berharap pemerintah bisa membantu meringankan beban para petani yang mengalami kerugian akibat bencana ini. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

26 Okt 2020
19 Okt 2020
19 Okt 2020