trubus.id
Beragam Manfaat Daun Mangga, dari Atasi Diabetes Hingga Obati Batuk dan Demam

Beragam Manfaat Daun Mangga, dari Atasi Diabetes Hingga Obati Batuk dan Demam

Syahroni - Jumat, 07 Jun 2019 08:30 WIB

Trubus.id -- Di Indonesia yang beriklim tropis ini, buah mangga bisa dapat dengan mudah kita jumpai. Yah, buah ini memang merupakan salah satu buah tropis yang cukup digemari karena rasanya yang manis dan kaya akan kandungan air.

Tak hanya itu, mangga pun memiliki beragam manfaat, antara lain mencegah kanker, membantu pencernaan, serta menyehatkan mata. Tak hanya buahnya, daun mangga juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Daun mangga mengandung senyawa bioaktif mangiferin, polifenol, dan triterpenoid. Ketiga senyawa ini memberikan daun mangga beragam manfaat seperti peluruh lemak, antioksidan, serta penyembuh luka. Selain itu, masih ada tujuh manfaat yang dapat dipetik dari daun mangga. Mengutip berbagai sumber, berikut tujuh khasiat daun mangga untuk kesehatan.

1. Bantu atasi diabetes

Daun mangga mengandung tannin dan anthocyanin yang efektif untuk mengatasi diabetes tahap awal. Tak hanya itu, kedua senyawa ini membantu pengobatan diabetes angiopathy dan diabetes retinopathy. Senyawa mangiferin dapat menstimulus pelepasan insulin dalam tubuh sehingga bermanfaat sebagai pengatur kadar gula darah pada pasien diabetes tipe 2. Kebiasaan mengonsumsi daun mangga sebagai obat diabetes ini salah satunya dikenal di Afrika.

2. Menurunkan tekanan darah

Orang dengan hipertensi dianjurkan untuk menjaga tekanan darah tetap stabil. Salah satu cara untuk menjaga stabilitas tekanan darah adalah dengan mengonsumsi air daun mangga. Khasiat ini akan terasa jika konsumsi daun mangga dilakukan secara rutin.

3. Mengatasi masalah pernapasan

Editor : Syahroni

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020