trubus.id
Jangan Gunakan Car Seat Selain di Dalam Mobil, Jika Tidak Ini Risikonya

Jangan Gunakan Car Seat Selain di Dalam Mobil, Jika Tidak Ini Risikonya

Astri Sofyanti - Senin, 03 Jun 2019 22:00 WIB

Trubus.id -- Car seat menjadi pilihan bagi sang buah hati ketika berpergian menggunakan mobil. Terlebih ketika orangtua sedang menyetir akan lebih aman ketika meletakkan si bayi di car seat. Karena nyaman seringkali para orangtua meletakkan si buah hati di car seat meski sedang tidak di dalam mobil.

Tahukah kamu bahwa car seat yang digunakan selain di mobil bisa menimbulkan malapetaka bagi sang buah hati.

Sebuah penelitian yang baru-baru ini dilakukan menyebut bahwa menggunakan car seat di rumah dapat mematikan. Menurut data dari US National Center for Fatality Review and Prevention data, sebanyak 12.000 bayi di Amerika Serikat mengalami kematian ketika tidur dan 3 persen di antaranya ketika berada pada tempat duduk anak seperti car seat atau stroller.

Baca Lainnya : Mudik Libur Lebaran Bawa Si Kecil, Simak Cara Membawa MPASI yang Benar

Di antara sejumlah tempat duduk tersebut, car seat menyebabkan 63 persen kematian pada anak. Dari 10 kematian, 9 terjadi ketika car seat digunakan di luar mobil.

"Kami sangat terkejut bahwa kurang dari 10 persen kematian dari car seat ini terjadi ketika digunakan di dalam mobil atau kendaraan lain dan balita menggunakan pengaman secara tepat," kata peneliti Dr Jeffrey Colvin dari Children's Mercy Hospital di Kansas City, Missouri, Mengutip Health24, Senin (3/6/19).

Lebih lanjut dirinya menuturkan bahwa banyak kasus kematian pada bayi ketika orang tua meletakkan bayi pada car seat di dalam rumah. Colvin menyebutkan bahwa car seat ini bisa sangat aman bagi anak baik ketika mereka tidur atau terbangun di mobil. Namun ketika anak sudah berada di luar mobil sebaiknya tidak duduk di car seat.

Mengenai hasil temuan ini, Dr Guohua Li, direktur dari Center for Injury Epidemiology and Prevention di Columbia University, New York menyebut bahwa car seat memang tidak didesain untuk tempat tidur anak. Walau begitu dia juga menegaskan bahwa penelitian ini masih belum membuktikan bahwa hal ini menyebabkan kematian bagi bayi.

Baca Lainnya : Ibu Hamil Boleh Mudik, Asal?

"Hasil penelitian ini menyediakan bukti bahwa penggunaan tak tepat dari car seat sebagai tempat tidur mungkin menimbulkan risiko dari kematian mendadak pada bayi atau sindrom kematian mendadak pada bayi," tkata Li.

"Namun hal ini tidak membuktikan bahwa car seat menjadi faktor penyebab utama kematian balita ini, atau bahwa tidur di car seat lebih berbahaya dibanding tidur pada boks bayi atau buaian," tambahnya lagi.

Li menekankan bahwa penggunaan secara tepat dari car seat ini dapat mengurangi kematian akibat kecelakaan pada bayi dan balita hingga di atas 50 persen. Walau begitu, dirinya menekankan juga bahwa perlu untuk mengedukasi orangtua mengenai cara penggunaan car seat yang tepat. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

12 Jan 2021
24 Des 2020
21 Des 2020