trubus.id
Jelang Lebaran, Harga Cabai Makin Pedas di Sejumlah Daerah

Jelang Lebaran, Harga Cabai Makin Pedas di Sejumlah Daerah

Thomas Aquinus - Sabtu, 01 Jun 2019 21:00 WIB

Trubus.id -- H-3 Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1440 H di beberapa daerah di Indonesia harga cabai terpantau makin pedas dari biasanya. Bahkan di Pasar Peunayong, Kota Banda Aceh mengalami kenaikan sejak Jumat (31/5). Cabai merah yang sebelumnya dijual eceran hanya Rp30.000 per kilogram kini naik menjadi Rp70.000.

Sementara cabai rawit naik dari harga Rp30.000 naik menjadi Rp40.000 per kilogram dan jenis cabai hijau naik dari harga Rp20.000 menjadi Rp30.000 per kilogram.

“Harga cabai naik karena pasokan dari petani lokal berkurang,’ kata Mawardi, pedagang di Pasar Peunayong dikuti dari kompascom, Jumat (31/5) malam.

Menurutnya, pedagang di Pasar Peunayong, Banda Aceh terpaksa harus menaikkan harga jual cabai karena harga beli pasokan cabai lokal mulai naik dan jumlah pasokannya pun juga menurun.

Baca Lainnya : Jelang Lebaran, Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Wates Meningkat

“Kami terpaksa harus menaikkan harga, karena harga pasokan juga naik dan jumlah pasokan pun terbatas,” ujarnya.

Menurutnya, harga cabai diperkirakan akan terus mengalami kenaikan jika pasokan cabai dari petani lokal dalam beberpa hari ke depan masih terbatas. Namun jika pasokan sudah kembali normal seperti sebelumnya, harga jual juga akan ikut kembali turun.

“Kemungkinan harga cabai akan terus naik karena pasokan cabai lokal berkurang. Apalagi menjelang hari lebaran,” ujarnya.

Sementara itu, seperti dikutip dari Antaranews, Kepala Dinas Perdagangan Kulon Progo Iffah Mufidati di Kulon Progo, mengatakan harga cabai merah keriting yang awalnya berkisar Rp25.000 ribu naik menjadi Rp40.000 per kilogram.

Baca Lainnya : Libur Lebaran ke Pantai Parangtritis, Waspada Serangan Ubur-ubur

Di Bandarlampung sendiri, diketahui harga cabai merah di sejumlah pasar tradisional di Kota Bandarlampung juga merangkak naik.

Berdasarkan pantauan pada sejumlah pasar tradisional di Bandarlampung, Sabtu (1/6), harga komoditas tersebut naik bervariasi. Contohnya seperti di Pasar Pasir Gintung, Bandarlampung, saat ini harga cabai merah mencapai Rp60.000 per kilogram atau naik hampir 50 persen dari sebelumnya.

Partin, pedagang cabai merah di Pasar Pasir Gintung mengatakan harga cabai merah merangkak naik sejak beberapa hari sebelumnya. "Harga cabai itu naik, karena distributor telah menaikkan harga komoditas ini," ujarnya.

Dikatakannya, harga cabai merah sebelumnya hanya Rp35.000dan saat ini mencapai Rp60.000 per kilogram.

Baca Lainnya : Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi Naik Capai Rp150.000 di Kepulauan Riau

Selain cabai merah, cabai rawit merah juga mengalami kenaikan harga dari Rp30.000  menjadi Rp40.000 per kilogram.

Parinten, pedagang sayur mayur di Pasar Bambukuning mengungkapkan bahwa kenaikan harga komoditas terutama cabai merah terjadi sejak beberapa hari terakhir.

Menurutnya, kenaikan harga cabai merah dipicu oleh kurangnya suplai dari petani maupun distributor.

"Kenaikan harga cabai juga karena mendekati Lebaran," tandasnya, dikutip dari Antaranews. [NN]
 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

19 Okt 2020
19 Okt 2020
15 Okt 2020