trubus.id
Jadi Menu Favorit saat Ramadan dan Idul Fitri, Ini 3 Manfaat Konsumsi Kolang-Kaling

Jadi Menu Favorit saat Ramadan dan Idul Fitri, Ini 3 Manfaat Konsumsi Kolang-Kaling

Astri Sofyanti - Sabtu, 01 Jun 2019 18:00 WIB

Trubus.id -- Kolang-kaling menjadi salah satu panganan favorit ketika bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. Rasanya yang kenyal, membuat kolang-kaling enak dimakan langsung ataupun diolah menjadi kolak atau es campur.

Ketika Ramadan, kamu pasti dengan mudah mencari penjual kolang-kaling. Tak hanya rasanya yang unik loh, ternyata kolang-kaling menyimpan beragam manfaat jika dikonsumsi secara rutin.

Meski dianggap sebagai makanan ringan, kolang-kaling ternyata mengandung karbohidrat yang cepat diserap tubuh. Tak ayal, kolang-kaling menjadi salah satu makanan yang sering disantap saat berbuka puasa. Berikut tiga manfaat kolang-kaling yang jarang diketahui masyarakat mengutip dari Live Strong.

Baca Lainnya : Mudik Libur Lebaran Bawa Si Kecil, Simak Cara Membawa MPASI yang Benar

1. Meredakan nyeri sendi

Kolang-kaling mengandung zat galaktomanan yang kerap dipakai sebagai bahan dasar obat nyeri sendi. Jika mengalami keluhan pada sendi, cobalah untuk mengonsumsi kolang-kaling rebus tanpa tambahan gula secara teratur setiap hari.

2. Mengatasi sembelit

Serat yang terkandung dalam kolang-kaling mampu melancarkan sistem pencernaan. Buah yang satu ini mengandung banyak vitamin, mulai dari A, B, dan C. Selain itu, kolang-kaling juga kaya mineral yang diperlukan tubuh, seperti protein, kalsium, fosfor, dan zat besi.

3. Mencegah osteoporis

Buah yang cukup familiar saat Ramadan ini berperan penting menjaga kesehatan tulang. Jadi, rajin mengonsumsi kolang-kaling mampu menurunkan risiko terkena osteoporosis. [NN]

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020