trubus.id
Peristiwa » Kementan Antisipasi Penyebaran Hama 'Fall armyworm...
Kementan Antisipasi Penyebaran Hama 'Fall armyworm' di Sumatera Barat

Kementan Antisipasi Penyebaran Hama 'Fall armyworm' di Sumatera Barat

Syahroni - Jumat, 31 Mei 2019 21:00 WIB

Trubus.id -- Tim peneliti Institut Pertanian Bogor (IPB) mengungkapkan telah menemukan hama Fall Armyworm (Spodoptera frugiperda) atau ulat gyarak pada dua lokasi pertanaman jagung di  Kota Baru, Luhak Nan Duo, Pasaman Barat, Sumatera Barat. Hama tersebut menjangkit jagung dalam masa umur tanam kurang dari tiga bulan. 

Menanggapi temuan itu, Tim gabungan dari Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Badan Karantina Pertanian dan Dinas Pertanian Sumatera Barat kemudian langsung melakukan verifikasi laporan. hasilnya, Direktur Perlindungan Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Edy Purnawan menyatakan, dari temuan itu Ditjen Perlindungan Tanaman Pangan telah mengambil langkah-langkah antisipasi dari bahaya hama ulat grayak ini.

Baca Lainnya : Hama 'Fall Armyworm' Terdeteksi Menyebar di Pertanaman Jagung Pasaman Barat, Sumbar 

"Kami sudah mengirimkan surat edaran kepada Dinas Pertanian dan BPTPH untuk Provinsi di seluruh Indonesia. Kami ingatkan, untuk meningkatkan kewaspadaan dari bahaya hama ulat grayak," kata Edy dalam keterangan tertulisnya.

Dalam surat edaran tersebut, kata Edy, Kementan juga mengingatkan agar Pemprov melakukan pemantauan intensif, khususnya di daerah sentral produksi jagung. Dalam hal ini, Kementan juga mengirimkan bantuan pestisida ke lokasi-lokasi yang terindikasi terjadi serangan hama tersebut.

Baca Lainnya : Kementan Dihimbau Waspadai Masuknya Hama Ulat Grayak Jenis Baru

Beberapa langkah antisipasi lainnya adalah melakukan gerakan pengendalian di daerah terjadinya serangan hama bernama latin Spodoptera frugiperda tersebut.

"Sampai dengan saat ini, Spodoptera frugiperda telah dilaporkan oleh petugas POPT (Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan), telah ada di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Lampung," imbuhnya.

Untuk diketahui, ulat grayak atau Spodoptera frugiperda (fall armyworm) merupakan hama ulat grayak yang berasal dari daratan Amerika dan biasanya menyerang tanaman jagung. Pada tahun 2016, persebarannya telah sampai di Nigeria, dan tahun 2018 telah ditemukan di Thailand dan Sri Lanka. Indonesia sendiri baru masuk di awal tahun 2019. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020