trubus.id
Harga Cabai dan Bawang Merah di Pasar Induk Kramatjati Terpantau Naik

Harga Cabai dan Bawang Merah di Pasar Induk Kramatjati Terpantau Naik

Syahroni - Selasa, 28 Mei 2019 22:30 WIB

Trubus.id -- Memasuki pekan ketiga Ramadan, beberapa komoditas sayuran di Pasar Induk Kramatjati, Jakarta Timur mulai mengalami lonjakan harga mesti tidak terlalu siginifikan. Dalam pantauan Trubus.id, beberapa komoditas yang mengalami lonjakan di antaranya terjadi pada komoditas cabai merah, bawang merah, dan bawang putih.

Ali Mustofa, salah satu pedagang cabai merah yang sudah 5 tahun berjualan di Pasar Induk Kramatjati mengatakan, harga cabai merah mengalami lonjakan harga hingga Rp10.000 per kilogram (Kg).

"Cabai merah naik Rp10.000. Biasanya dijual Rp20.000 per kg, sekarang jadi Rp30.000 per Kg. Untuk cabainya sendiri sekarang sih masih banyak. Tapi kebalikannya ini, peminatnya yang berkurang," terang Ali kepada Trubus.id, Selasa (28/5).

Sementara itu, Suhartono, pedagang bawang merah di lokasi yang sama menjelaskan, harga bawang merah di bulan Ramadan hingga pekan ketiga juga sudah mulai mengalami kenaikan meski tidak terlalu siginifikan. 

"Bawang merah sekarang sudah mulai naik. Dari harga Rp20.000 per kg jadi Rp25.000 per kg. Sementara peminat atau pembelinya masih standar-standar aja. Untuk bulan puasa sih (pembeli) ada penurunan tapi sedikit." terang Suhartono ketika dijumpai di lapaknya. 

Untuk komoditas bawang putih yang di awal Ramadan harganya masih melambung tinggi, di pekan ketiga ini terpantau mulai stabil. Hal itu disampaikan Ardi, pedagang bawang putih di Pasar Induk Kramatjati. Ia mengatakan, kalaupun ada peningkatan harga, hal itu terjadi karena naiknya ongkos tukang pikul yang menaikan tarif jelang lebaran.

"Kalau bawang putih harganya sih standar aja. Paling ada kenaikan karena ongkos tenaga (kuli pikul). Harga standar dari yang Rp26.000 jadi Rp28.000 per kg. Stok sampai lebaran juga aman. Pembeli juga standar yah, mungkin karena sudah tau mau lebaran jadi anik sedikit. Sudah biasa," terang Ardi. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

08 April 2020
08 April 2020
08 April 2020

Baca Juga

Berita Lainnya