trubus.id
Jelang Lebaran, Kemendag Penetrasi 205 Pasar Rakyat di 82 Kabupaten/Kota di Indonesia

Jelang Lebaran, Kemendag Penetrasi 205 Pasar Rakyat di 82 Kabupaten/Kota di Indonesia

Astri Sofyanti - Senin, 27 Mei 2019 19:00 WIB

Trubus.id -- Guna mengantisipasi adanya lonjakan permintaan bahan kebutuhan pokok (Bapok) menjelang Idul Fitri 1440 Hijriah, Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan melakukan penetrasi pasar. Langkah ini dilakukan untuk menjaga stabilisasi harga.

Sementara itu, untuk menjalankan fungsi pengawasannya, Kemendag juga akan menerjunkan jajarannya untuk memantau kondisi pasar secara langsung di berbagai daerah.

“Ini adalah tahun ke tiga jajaran Kementerian Perdagangan turun langsung memantau ke pasar untuk melakukan penetrasi pasar ke daerah-daerah,” kata Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita ketika ditemui Trubus.id di Kantor Kementerian Perdagangan, Jalan M. Ridwan Rais, Jakarta Pusat, Senin (27/5).

Baca Lainnya : Mendag Pastikan, Ketersediaan dan Harga Bapok Tetap Stabil Hingga Lebaran

Jajaran Kementerian Perdagangan yang akan turun ke pasar nantinya memiliki tugas memantau ketersediaan bahan kebutuhan pokok dan pemantauan harga di Pasar Rakyat.

“Penetrasi pasar akan dipantau secara harian serta melakukan koordinasi pemenuhan pasokan pasar apabila diperlukan,” jelas Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Tjahja Widayanti.

Lebih lanjut Tjahja mengungkapan bahwa kegiatan ini bekerjasama dengan Dinas Perdagangan provinsi, kabupaten/kota, satgas pangan daerah, divisi regional Perum Bulog setempat, serta distributor barang kebutuhan pokok yang berlokasi di masing-masing daerah.

Baca Lainnya : Kemendag Pastikan Kelancaran Distribusi Cegah Kelangkaan Bahan Pokok Hingga Lebaran

“Lokasi dan waktu pelaksanaan dari penetrasi pasar adalah di 205 Pasar Rakyat di 82 kabupaten/kota yang akan dimulai pada tanggal 27 Mei sampai 4 Juni 2019,” tambah Tjahja.

Sementara itu, jajaran Kementerian Perdagangan yang akan terjun langsung melakukan penetrasi pasar sebanyak 240 orang, yang terdiri dari koordinator wilayah, yakni para Eselon I, koordinator lapangan yang terdiri dari para Eselon II, serta anggota tim penetrasi pasar.

“Hari ini sebagian tim penetrasi pasar sudah berangkat ke daerah yang ditugaskan,” ujar Tjahja menjelaskan. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

19 Okt 2020
19 Okt 2020
15 Okt 2020