trubus.id
Badai Tornado Dahsyat Terjang Amerika Serikat, 3 Orang Dilaporkan Tewas

Badai Tornado Dahsyat Terjang Amerika Serikat, 3 Orang Dilaporkan Tewas

Syahroni - Kamis, 23 Mei 2019 20:00 WIB

Trubus.id -- Sebuah badai tornado dengan kekuatan dahsyat menghantam bagian tengah Amerika Serikat sejak Rabu malam hingga Kamis. Badai dengan kekuatan menghancurkan itu menghantam ibu kota Jefferson City, Missouri, Rabu malam sekitar 11:45 waktu setempat. 

Layanan Cuaca Nasional di St. Louis sebelumnya telah mengeluarkan peringatan akan datangnya tornado dahsyat ini di daratan. Tim penolong kemudian dikerahkan untuk melakukan pencarian dan penyelamatan korban yang terjebak dalam bangunan yang runtuh.

Polisi Kota Jefferson telah mengkonfirmasi setidaknya 20 warga diangkut ke rumah sakit setempat. Tak hanya itu, melansir dari The Joblin Globe, dilaporkan juga 3 orang tewas terbunuh saat bencana itu melanda Missouri. 

Badai tornado dahsyat ini sebelumnya dilacak sejak bergerak dari Ottawa County, Oklahoma, ke Bexter Springs dan Galena, Kansas, dan kemudian ke Carl Junction, Oronogo dan Golden City, Missouri.

Gubernur Missouri, Mike Parson mengkonfirmasi kerusakan pada bangunan milik negara dan listrik padam di beberapa daerah. Parson sebelumnya menyatakan keadaan darurat awal pekan ini karena cuaca buruk dan ancaman banjir.

"Di seluruh negara bagian, responden pertama Missouri sekali lagi merespons dengan cepat dan dengan koordinasi yang kuat karena banyak negara bagian yang menghadapi kondisi yang sangat berbahaya yang menyebabkan orang terluka, terperangkap di rumah, dan secara tragis menyebabkan kematian tiga orang," kata Parson dalam sebuah Konferensi pers Kamis (23/5) pagi.

Selain tornado, badai ganas hingga Rabu malam membawa semua mode cuaca buruk, termasuk banjir bandang, hujan es yang lebih besar dari bola golf, hembusan angin lebih dari 70 mph. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

19 Okt 2020
19 Okt 2020
15 Okt 2020