Langka, Fosil Ubur-ubur Berumur 518 Tahun Ditemukan di China

Diah Fauziah - Sabtu, 18 Mei 2019 11:00 WIB

Trubus.id --  Beberapa waktu lalu, para ilmuwan menemukan ribuan fosil menakjubkan di sebuah sungai di China. Diperkirakan, fosil tersebut berumur 518 juta tahun lalu. Menariknya, fosil tersebut sangat tidak biasa karena jaringan tubuh lunak dari banyak makhluk hidup, termasuk mata, kulit dan organ lain yang terpelihara baik.

Palaentolog mengungkapkan jika setengah dari fosil yang ditemukan tersebut merupakan spesies yang belum diketahui jenisnya. Dari 20.000 spesimen yang terkumpul, hanya 4.351 yang berhasil dianalisis, di antaranya cacing, ubur-ubur, ganggang dan anemon laut.

Baca Lainnya : Akhirnya, Ilmuwan Temukan Penangkal Sengatan Ubur-ubur Kotak yang Mematikan

"Sumber yang sangat penting dalam studi tentang asal mula makhluk hidup," kata profesor Xingliang Zhang, pemimpin penelitian dari Universitas Northwest China, dikutip dari BBC.

Umumnya, semua fosil berasal dari hewan yang bertubuh keras. Itu karena, zat yang keras cenderung membusuk.

Baca Lainnya : Makhluk Misterius di Laut Dalam Itu Mirip Ubur-ubur

"Mayoritas, organisme bertubuh lunak seperti ubur-ubur dan cacing, tidak berpeluang menjadi fosil," kata profesor Robert Gaines, ahli geologi.

Jadi, tidak heran apabila para ilmuwan sangat senang dengan penemuan fosil ubur-ubur dan juga anemon laut. [DF]