trubus.id
Iwan Fals Dukung Pemindahan Ibu Kota Tanpa Merusak Hutan 

Iwan Fals Dukung Pemindahan Ibu Kota Tanpa Merusak Hutan 

Binsar Marulitua - Sabtu, 11 Mei 2019 21:00 WIB

Trubus.id -- Rencana pemerintah memindahkan ibu kota ke luar Pulau Jawa turut mendapatkan atensi dari musisi legendaris Indonesia  Iwan Fals. Ia mendukung sepenuhnya wacana tersebut dengan syarat realisasi bisa diterapkan tanpa merusak hutan. 

"Pindah Ibu Kota tapi gak ngerusak hutan, itu baru kereeennn...," cuit Iwan Fals dalam akun resmi Twitter pribadinya @iwanfals, pada 10 Mei 2019 pukul 11.26 WIB. 

Pada Cuitan berikutnya, musisi dengan nama asli Virgiawan Listanto ini menyarankan kepada pemerintah untuk memilih kota yang bebas dari banjir, gempa dan bencana alam lainnya. Lalu ia juga mendorong pemerintah untuk menata infrastruktur sesuai dengan kebutuhan.

Baca Lainnya : Ibu Kota Baru, Bebas Bencana dan Kerusakan Lingkungan jadi Kriteria Ideal

Tak hanya itu, Iwan Fals juga mengusulkan nama 'Ibu Kota' diganti menjadi 'Ibu Baru'. 

Sebelumnya Presiden Jokowi mengunjungi sejumlah tempat yang disebut-sebut sebagai calon lokasi ibu kota yang baru. Setidaknya ada tiga lokasi, yaitu Bukit Soeharto, Kawasan Segitiga Kalteng, dan kawasan yang berada di Palangkaraya.

 Menurut Jokowi, ketiga tempat tersebut sudah melalui kajian oleh pemerintah selama 1,5 tahun. 

Baca Lainnya : Banjir dan Kerusakan Lingkungan Jakarta jadi Pertimbangan Terbesar Pemindahan Ibu Kota 

"Memang ada beberapa lokasi yang sudah kira-kira 1,5 tahun ini dikaji yang salah satunya adalah di Kalimantan Timur yang kurang dan lebih kita datangi siang hari ini," ujar Jokowi.

Namun, menurut Jokowi  banyak aspek lain yang perlu dipertimbangan untuk menjadikan suatu daerah menjadi ibu kota baru menggantikan Jakarta. Sejumlah aspek yang diteliti, mulai dari ketersediaan lahan, kesiapan infrastruktur dasar, risiko kebencanaan, hingga kondisi sosial masyarakat. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

19 Okt 2020
19 Okt 2020
15 Okt 2020