trubus.id
Ingin Tetap Fit Saat Berpuasa? Perbaiki Pola Persiapan Sahur Terlebih Dahulu

Ingin Tetap Fit Saat Berpuasa? Perbaiki Pola Persiapan Sahur Terlebih Dahulu

Astri Sofyanti - Kamis, 09 Mei 2019 21:30 WIB

Trubus.id -- Menjalankan ibadah puasa harus didukung dengan tubuh yang pria. Apalagi jika ingin puasa Ramadan kamu utuh sebulan penuh tanpa ada yang terganggu. Untuk itu kamu harus menjaga kondisi tubuh. Terlebih bagi kamu yang memiliki segudang kegiatan padat setiap harinya.

Kondisi tubuh yang fit bukan hanya dipenuhi oleh makanan yang sehat saja, tapi juga harus melakukan pola hidup sehat. Karena berpuasa, ada banyak orang yang memiliki metode makan ketika sahur asal kenyang. Nah metode ini justru salah loh guys. Ketiha sahur bukan hanya asal kenyang.

Berikut ini beberapa tips persiapan sebelum sahur yang sebaiknya kamu lakukan:

Bangun lebih awal

Sebelum kamu sahur dan makan, sebaiknya kamu bangun lebih awal. Manfaatkan waktu untuk menyiapkan makanan yang bergizi sebagai bekal energi kamu sampai waktu berbuka puasa. Selain itu, usahakan kamu tidur lebih awal dari biasanya, karena ketika berpuasa, kamu akan bangun lebih awal untuk sahur.

Mulai dengan yang kecil dan ringan

Sehabis bangun tidur untuk sahur, agar tubuhmu tidak kaget menerima makanan berat, ada baiknya kamu mengonsumsi makanan yang ringan terlebih dahulu, seperti mendahului minum air putih dan dilanjutkan dengan makan buah-buahan sebelum makanan berat.

Perbanyak protein ketika sahur

Protein dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Masukkan pilihan menu seperti telur, tempe, ikan atau ayam ke dalam piring Anda sebagai sumber protein. Bila terbiasa makan nasi dengan porsi menggunung, sebaiknya dikurangi dan diganti dengan protein, sayur serta buah.

Kebanyakan karbohidrat akan membuat tubuh bertenaga namun hanya dalam jangka waktu pendek, sementara protein bisa membuat tubuh kenyang dalam waktu lebih lama. Dengan membiasakan diri memilih menu sahur yang sehat, kandungan gula dalam darah menjadi stabil kamu akan lebih kuat menahan rasa lapar.

Editor : Syahroni

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020