trubus.id
Polusi Udara, Penyebab Asma dan Penyakit Pernapasan

Polusi Udara, Penyebab Asma dan Penyakit Pernapasan

Diah Fauziah - Kamis, 09 Mei 2019 06:30 WIB

Trubus.id -- Laporan medis telah menunjukkan ancaman kesehatan yang serius akibat polusi udara di daerah rawan kabut asap di Thailand. Kabut asap tersebut merupakan penyebab asma dan penyakit pernapasan lainnya.

Gara-gara kabut asap, tingkat kematian dari tiga penyakit pernapasan utama (asma, kanker paru-paru dan penyakit paru obstruktif kronik) di wilayah utara Thailand, meningkat drastis.

Baca Lainnya : Thailand Utara Darurat Kabut Asap Berbahaya

"Polusi udara adalah faktor utama di balik penyakit asma yang parah di seluruh dunia," ungkap WHO dan PBB pada Hari Asma Sedunia, Rabu (1/5).

Sebelumnya, studi yang diterbitkan di Journal for Equity in Health pada Desember 2016 lalu mengungkapkan bahwa, dari 12 rasio kematian standar di Thailand periode 2001 hingga 2014, dietemukan pengelompokan mortalitas tinggi akibat asma, kanker paru-paru dan penyakit paru obstruktif kronik di hampir setiap provinsi di wilayah utara Thailand.

Baca Lainnya : 10 Hari Hilang, Kabut Asap Datang Lagi ke Bangkok

Meski laporan itu tidak mengonfirmasi hubungan jelas antara tingkat kematian yang tinggi karena penyakit pernapasan di Thailand, bisa dipastikan jika kelompok tersebut merupakan cerminan dari tingkat udara yang parah di wilayah tersebut.

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020