trubus.id
Buka Puasa Pakai Kurma Lebih Sehat, Yuk Kenali Kurma yang Berkualitas

Buka Puasa Pakai Kurma Lebih Sehat, Yuk Kenali Kurma yang Berkualitas

Astri Sofyanti - Selasa, 07 Mei 2019 22:30 WIB

Trubus.id -- Bulan puasa bisa kita dijadikan sebagai momentum yang tepat untuk memulai program hidup sehat. Nah, mengonsumsi kurma bisa menjadi pilihan nih buat kamu yang ingin menjalankan program sehat selama berpuasa. Selain enak dan praktis, mengonsumsi kurma saat berbuka puasa merupakan sunah Rasullulah. Kurma juga diketahui memiliki kandungan zat besi, gula alami, serat, dan mineral.

Selain itu, mengonsumsi kurma juga bisa mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan loh. Tapi untuk mendapatkan manfaat yang melimpah dari kurma, kamu harus memilih kurma yang baik dan berkualitas.

Guru Besar Keamanan Pangan dan Gizi, Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB University Prof Ahmad Sulaeman, Senin (7/5) mengutip Antaranews, mengatakan beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika membeli kurma.

Baca Lainnya : Viral Kurma Asal Timur Tengah Terpapar Virus Corona, Begini Penjelasannya

Sulaeman mengatakan, semua jenis kurma itu memiliki manfaat tapi yang terpenting adalah usahakan membeli kurma yang masih terjaga kesegarannya.

“Jadi usahakan ketika membeli kurma, kurma masih dalam keadaan segar, jangan membeli kurma yang keadannya sudah tidak segar atau disimpan terlalu lama,” urainya.

Sebab, jika kita tidak selektif memilih kurma, kebanyakan pedagang kurma biasanya akan menyetok kurma dalam jumlah yang banyak dan waktu simpan yang relatif lama, nah ini yang harus kamu hindari.

Diakui Sulaeman, kualitas kurma akan rusak jika penyimpanannya salah atau tidak memperhatikan faktor kebersihan lingkungan, misalnya menyimpan kurma dalam kamar tanpa dikemas dengan baik. penimpanan seperti itu akan membuat kurma cepat berkutu.

Baca Lainnya : Hasil Panen Kurma Masjid Al Falah Pekanbaru Didonasikan Untuk Gempa Lombok

"Pengemasan dan penyimpanan penting," katanya.

Ahmad mengatakan, membeli kurma yang bagus dapat dilihat tanda-tandanya yakni kurma terlihat mengkilap, tidak terlalu kering, terlihat semi basah dengan kadar air sekitar 21 persen. Lebih lanjut dirinya menjelaskan, kurma yang bagus atau baru ada cairannya, menyerupai dodol, kelihatan basahnya, kalau dibuka strukturnya elastis, lembut digigit juga enak.

Waktu memilih kurma juga bisa dicium dari mengeluarkan aroma yang khas. Kurma yang baru akan tercium aroma segarnya, tidak bercampur dengan aroma lain atau aroma sudah lama tersimpan.

"Pastikan kurma yang dibeli tidak ada kutu," pungkasnya. [NN]

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020