trubus.id
Lihat Pembantaian Hiu Martil di Perairan Sabah, Penyelam Ini Terkejut

Lihat Pembantaian Hiu Martil di Perairan Sabah, Penyelam Ini Terkejut

Diah Fauziah - Selasa, 07 Mei 2019 18:00 WIB

Trubus.id --  Seorang turis asing yang menyelam di Perairan Sabah, terkejut saat melihat pembantaian hiu martil di sana, beberapa waktu lalu. Saat menyelam di Pulau Mabul di distrik Semporna, Gareth Jones melihat pemandangan mengerikan itu.

"Saya terkejut dengan apa yang saya lihat di akhir perjalanan scuba diving di Sabah," kata Gareth di Facebook pribadinya.

Baca Lainnya : Makan Rumput, Hobi Baru Ikan Hiu Martil

"Saya telah menyelam berkali-kali dan tidak pernah berpikir akan melihat pemandangan menyedihkan sekaligus mengerikan ini. Hiu martil yang mati dibuang hanya beberapa mil dari Sipadan," lanjutnya.

Walau pun bukan ahli hiu, Gareth yakin jika gambar yang berhasil didapatkannya itu menunjukkan bahwa hiu martil dibantai di karang di lepas Pulau Mabul.

"Mengapa turis harus bepergian untuk melihat hiu di Sipadan yang terkenal jika mereka diburu hingga punah?" tanya Gareth, bingung.

Baca Lainnya : 17 Spesies Hiu Terancam Punah

Ia mendesak publik untuk membagikan videonya untuk mencari perlindungan bagi hiu dan berhenti membunuh mereka. Dalam video yang berhasil diambil Gareth, beberapa potongan kepala hiu dan bagian-bagian tubuh bagian atas mereka terlihat berserakan di dasar laut.

Terkait dengan hal ini, Menteri Pariwisata, Kebudayaan dan Lingkungan Sabah, Datuk Christina Liew, mengatakan jika ia akan mencari tahu apa yang terjadi dan mengapa hiu martil dibunuh. [DF]

 

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

12 Jan 2021
24 Des 2020
21 Des 2020