trubus.id
Inovatif, Bus di Singapura Beratap Hijau

Inovatif, Bus di Singapura Beratap Hijau

Diah Fauziah - Selasa, 07 Mei 2019 16:30 WIB

Trubus.id -- Untuk pertama kalinya, bus beratap hijau di Singapura, mulai beroperasi pada Minggu (5/5). Kabarnya, bus beratap hijau ini merupakan yang pertama di Asia. Maka, tidak heran jika bus ini akan menjadi bagian penelitian selama tiga bulan untuk melihat apakah suhu di dalam bus dapat diturunkan dan berpotensi menghemat bahan bakar.

Bus beratap hijau yang dikenal Garden on the Move ini merupakan inisiatif GWS Living Art, spesialis penghijauan perkotaan. Didanai oleh Yayasan Temasek, yang didukung Dewan Taman Nasional, Moove Media dan Singapore Green Building Council.

Baca Lainnya : Tren Tanaman Hias Indoor 2019, Monstera Masih Tetap Berjaya

"Bagi saya, semua kota harus hidup berdampingan dengan alam. Melalui proyek ini, kami berharap dapat meningkatkan kesadaran tentang pentingnya atap hijau di sebuah kota," kata Zac Toh, pendiri GWS Living Art, dikutip dari The Straits Times.

Untuk penelitian ini, dua bidang hijau yang tidak mengandung tanah akan dipasang di setiap bus. Setiap tambalan atau modul, berukuran 1,8 meter kali 1,05 meter dengan berat 40 kilogram.

Baca Lainnya : Ini Cara Merawat Tanaman Udara, Harus Spesifik

Penelitan bertujuan untuk mengetahui apakah bus beratap hijau akan menyebabkan penurunan suhu di bagian dalam bus juga dan pengurangan bahan bakar yang digunakan untuk pendingin udara.

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020