trubus.id
Peristiwa » Abrasi di Sepanjang Garis Pantai Kabupaten Aceh Ba...
Abrasi di Sepanjang Garis Pantai Kabupaten Aceh Barat Kian Memprihatinkan

Abrasi di Sepanjang Garis Pantai Kabupaten Aceh Barat Kian Memprihatinkan

Astri Sofyanti - Senin, 06 Mei 2019 20:00 WIB

Trubus.id -- Abrasi atau erosi pantai yang terjadi di sepanjang garis pantai pesisir Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh kian memprihatinkan. Kerusakan garis pantai akibat abrasi ini dipacu oleh terganggunya keseimbangan alam daerah pantai tersebut.

Walaupun abrasi bisa disebabkan oleh gejala alam, tapi manusia sering disebut sebagai salah satu penyebab utama abrasi di garis pantai.

Seperti abrasi yang terjadi di Desa Suak Indra Puri, Desa Pasir, Desa Ujong Kalak, Kecamatan Johan Pahlawan misalnya. Saat ini kondisi sebagian badan jalan yang melintasi desa, lama-lama tergerus ombak.

Baca Lainnya : Lahan Konservasi Tergerus Abrasi, Begini Kondisinya

“Gelombang pasang akan terus terjadi, akibatnya kondisi badan jalan tertimbun pasir pantai,” kata salah seorang warga Desa Suak Indra Puri, Afrizal, Senin (6/5) mengutip Antaranews.

Dirinya menuturkan, Desa Suak Indra Puri langganan terjadi banjir rob karena erosi pantai yang kian mengkhawatirkan warga setempat. Tercatat Desa Suak Indra Puri terdiri dari 148 kepala keluarga (KK). Diakuinya kondisi ini akan terus berlangsung dan merupakan fenomena musiman ketika masa transisi peralihan musim Timur ke musim Barat.

Baca Lainnya : BMKG Perkuat Upaya Deteksi Banjir Rob yang Kerap Landa Wilayah Pesisir

"Puncaknya saat inilah, yang terdampak sementara baru perkarangan rumah tergenang, belum ada pengungsian. Hari ini sudah sedikit berkurang dari pada beberapa hari lalu," terang Sekdes Suak Indra Puri, Abdul Kais.

Guna mengantisipasi abrasi garis pantai yang semakin parah, pemerintah desa setempat telah menyampaikan laporan agar segera dilakukan upaya penangganan darurat, yakni membersihkan badan jalan dan mengambil material pasir untuk dijadikan tebing pengaman dari hempasan gelombang.

"Kita ini persoalannya yang kena dampak Suak Indra Puri, sementara jalan yang tertimbun dan abrasi pantai masuk dalam wilayah adminsitrasi Desa Pasir. Tapi kami sudah bersama-sama menyampaikan agar ada penangganan permanen," pungkasnya. [RN]

 

Editor : Syahroni

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020