trubus.id
Momen Langka, Paus Bungkuk Tertangkap Kamera Melompat Keluar dari Air

Momen Langka, Paus Bungkuk Tertangkap Kamera Melompat Keluar dari Air

Astri Sofyanti - Minggu, 05 Mei 2019 12:00 WIB

Trubus.id -- Paus bungkuk dikenal sebagai salah satu mamalia laut terbesar di dunia. Itu karena, paus bungkuk jantan memiliki panjang tubuh sekitar 14 meter dan paus bungkuk betina akan memiliki panjang yang jauh lebih besar, beberapa meter dari paus jantan.

Selain itu, paus bungkuk memiliki tubuh besar dan gelap yang diapit oleh sirip pada dada besarnya. Dapat tumbuh hingga sekitar sepertiga dari panjang tubuhnya.

Lantaran bobot paus bungkuk dewasa bisa mencapai 36 ribu kilogram, sulit dipercaya jika mamalia laut ini bisa melompat keluar dari air. Tapi, paus bungkuk raksasa benar-benar bisa melompat keluar dari dalam air.

Baca Lainnya : Laut Penuh Polusi Suara, Paus Bungkuk Berhenti Bernyanyi 

Momen menakjubkan itu berhasil diabadikan oleh Craig Capehart, seorang penyelam. Ia berhasil menangkap momen langka tersebut pada tahun 2017 lalu. Saat itu, Craig sedang duduk di atas perahu karet saat berada di Samudra Hindia di lepas pantai Mbotyi ketika paus bungkuk keluar dari dalam air.

Craig memperkirakan jika paus bungkuk tersebut memiliki berat sekitar 40 ton. Dan ini, pertama kalinya ada orang yang berhasil mengabadikan kejadian langka tersebut.

Baca Lainnya : Lindungi Paus Bungkuk, Peru Berencana Bikin Cagar Laut Pasifik di Awal 2019

Seperti diberitakan BBC, masih belum jelas mengapa paus tersebut melompat keluar dari air. Tapi, para ilmuwan berteori bahwa hal tersebut mereka lakukan sebagai cara untuk berkomunikasi.

Video paus bungkuk melompat dari dalam air yang beredar di media sosial ini sempat menggegerkan netizen. [DF]

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020