trubus.id
Peristiwa » Aneh, Traveler Ini Patahkan Stalaktit Berusia Ribu...
Aneh, Traveler Ini Patahkan Stalaktit Berusia Ribuan Tahun untuk Souvenir

Aneh, Traveler Ini Patahkan Stalaktit Berusia Ribuan Tahun untuk Souvenir

Karmin Winarta - Sabtu, 04 Mei 2019 16:32 WIB

Trubus.id -- JIka kita berwisata ke goa-goa, kita akan menemukan stalaktit dan stalagmit yang ada di dalamnya. Stalaktit adalah mineral sekunder yang menggantung di langit-langit gua kapur. Sementara yang berada di lantai goa disebut stalagmit.

Perlu jutaan tahun untuk membentuk stalaktit atau stalamit. Karena itu setiap pengunjung goa dilarang keras untuk menyentuhnya, terutama untuk stalaktit dan stalakmit yang masih hidup. Namun apa yang dilakukan oleh tiga traveler di China ini sungguh tak pantas ditiru.

Mereka tanpa merasa bersalah menghancurkan stalaktit tesebut dalam waktu kurang dari satu menit. Peristiwa ini terjadi di goa bawah Tanah Alami Yishui di provinsi Shandong pada 21 April 2019.

Rekaman video menunjukkan,  tiga lelaki berusia paruh baya ini secara bergiliran memeti stalaktit di dalam goa. Mereka berhasil menghancurkan sepotong kecil stalaktit untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Mengetahui hal tersebut, pemandu wisata mendesak polisi agar melakukan penyelidikan. Dua dari wisatawan dilaporkan telah ditangkap sementara petugas masih mencari pria lainnya.

Kepaa wartawan, pihak yang berwenang mengatakan, kerugian yang diciptakan oleh tiga orang tersebut tak ternilai harganya.  Karena stalaktit tersebut perlu waktu jutaan tahun untuk bisa tumbuh kembali.  

Belum jelas hukuman apa yang akan dihadapi tiga pria itu. Sebelumnya seorang turis dihukum pukul dan denda skitar 1,1  juta rupiah karena menendang stalagmit di dalam gua di provinsi Guizhou.

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020