trubus.id
Life » Studi Terbaru, Antara Anjing dan Serigala, Mana ya...
Studi Terbaru, Antara Anjing dan Serigala, Mana yang Lebih Setia?

Studi Terbaru, Antara Anjing dan Serigala, Mana yang Lebih Setia?

Karmin Winarta - Sabtu, 04 Mei 2019 06:29 WIB

Trubus.id -- Serigala terbukti lebih bersahabat dan setia dibanding anjing. Studi terbaru telah menemukan bahwa anjing tidak terlalu peduli dengan anggota kawanannya jika dibandingkan dengan serigala. 

Dikutip dari jurnal Plos One, serigala lebih suka bergaul dan lebih peduli pada anggota kelompok mereka dibanding anjing peliharaan. Studi terbaru tersebut mengungkapkan jika reputasi anjing sebagai hewan yang penuh rasa peduli merupakan tipu muslihat.

Hal itu dibuktikan dari serangkaian percobaan layar sentuh yang dilakukan oleh Wolf Science Center di Austria. Di sana dibuktikan, serigala dapat membuat lebih banyak teman yang tidak mementingkan diri sendiri daripada anjing yang juga dibesarkan dalam kelompok.

Peneliti juga mengatakan, temuan ini menunjukkan bahwa anjing peliharaan mewarisi kecenderungan kooperatif dari nenek moyang serigala mereka yang ganas. Para peneliti kemudian melatih hewan-hewan itu untuk menggunakan moncongnya untuk memberi makanan.

Selama beberapa percobaan, serigala memilih untuk mengirimkan makanan kepada anggota kelompok mereka sendiri, meski mereka tahu bahwa mereka tidak akan mendapatkan imbalan apa pun.

Sementara itu, anjing, tidak menunjukkan kecenderungan khusus untuk memberi makan ke anjing lain ketika tidak ada imbalan yang diperoleh, terlepas dari apakah mereka mengenal kelompoknya atau tidak.

"Studi ini menunjukkan bahwa domestikasi tidak selalu membuat anjing lebih prososial," kata peneliti utama, Rachel Dale.

"Sebaliknya, toleransi dan kemurahan hati terhadap anggota kelompok untuk saling membantu dan menghasilkan kerja sama tingkat tinggi, terlihat pada serigala," sambungnya.


Meski demikian, peneliti  menyarankan untuk tidak membuang anjing Anda dulu. Para peneliti percaya bahwa perilaku itu bisa merupakan hasil dari pelatihan atau dorongan semangat dan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apa yang menyebabkan perbedaan kepedulian antara anjing dan serigala.

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020