trubus.id
Mau Budi Daya Jangkrik, Coba 2 Jenis Ini

Mau Budi Daya Jangkrik, Coba 2 Jenis Ini

Diah Fauziah - Jumat, 03 Mei 2019 14:30 WIB

Trubus.id -- Jangkrik merupakan serangga yang unik karena memiliki suara khas dan aktif di malam hari. Dan sekarang, jangkrik kerap dijadikan budi daya karena bisa dijual sebagai pakan burung kicauan yakni poksay dan kacer.

Lebih dari 100 jenis jangkrik yang ada di Indonesia. Namun, belum semua jenis jangkrik dipetakan dengan jelas. Nah, jangkrik yang banyak dipelihara untuk ternak ialah Gryllus mitratus dan Gryllus testaceus. Biasanya, dua jenis jangkrik ini dibudidayakan untuk pakan ternak burung dan ikan.

Baca Lainnya : Dalam Beberapa Dekade, Serangga Akan Punah

Untuk membedakan jangkrik ini, Trubus Mania bisa melihat bentuk tubuhnya. Wipositor milik Gryllus mitratus lebih pendek dibandingkan Gryllus testaceus. Selain itu, Gryllus mitratus juga memiliki guratan garis putih di bagian pinggir sayang punggungnya.

Dalam beternak jangkrik, sanitasi merupakan masalah yang sangat penting. Untuk menghindari adanya zat atau racun di dalam kandang, bersihkan kandang terlebih dahulu sebelum memasukkan jangkrik. Setelah itu, olesi kandang dengan lumpur sawah.

Baca Lainnya : Bukan Hanya Bagi Manusia, Polusi Udara Juga Mengancam Serangga dan Ekosistem

Untuk mencegah gangguan hama, setiap kandang jangkrik diberi kaki di mana setiap kaki dimasukkan ke dalam kaleng yang berisi air.

So, apakah kalian tertarik untuk membudidayakan jangkrik, Trubus Mania? [DF]

 

  

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020