trubus.id
Waspada Gelombang Tinggi Hingga Empat Meter,  Dampak Siklon Tropis Fani

Waspada Gelombang Tinggi Hingga Empat Meter, Dampak Siklon Tropis Fani

Astri Sofyanti - Selasa, 30 Apr 2019 15:00 WIB

Trubus.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mewaspadai gelombang tinggi di sejumlah perairan Indonesia akibat dampak dari Siklon Tropis Fani.

Berdasarkan informasi dari Humas BMKG, Taufan Maulana, Selasa (30/4), Siklon Tropis Fani terpantau berada di Teluk Benggala sehingga memengaruhi kondisi gelombang laut yang diperkirakan mencapai empat meter.

Guna mengantisipasinya, BMKG telah mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi. dikatakan Taufan, sejumlah wilayah yang berpeluang terjadi gelombang tinggi diantaranya Samudra Hindia Barat Aceh, Samudra Pasifik Utara Manokwari hingga Biak, Perairan Utara Manokwari dan Perairan Utrara Biak.

“Selain siklon tropis Fani, pola tekanan rendah 1009 hPa teridentifikasi di Laut Jawa bagian timur serta pola sirkulasi terjadi di Laut Sulawesi dan Laut Seram,” ujar Taufan di Jakarta, Selasa (30/4) mengutip Antara.

BMKG mencatat, pola angin di wilayah utara Indonesia umumnya dari Barat Laut-Timur Laut dengan kecepatan 3-25 knot, sedangkan di wilayah selatan Indonesia umumnya dari Tenggara-Barat Daya dengan kecepatan 3 hingga 20 knot.

Sedangkan kecepatan angin paling tinggi dikperkirakan mencapai 30 knot terpantau perairan utara Manokwari dan Biak serta Samudra Pasifik Utara Papua.

BMKG meminta masyarakat yang bermukim di sekitar pesisir pantai di wilayah-wilayah yang diprediksi terjadi gelombang tinggi untuk meningkatkan kewaspadaan. Sementara itu, nelayan diminta untuk mempertimbangkan pelayaran saat adanya potensi gelombang tinggi.

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

12 Jan 2021
24 Des 2020
21 Des 2020