trubus.id
Kiat » Peran Koperasi Wanita Lampung dalam Besarkan Usaha...
Peran Koperasi Wanita Lampung dalam Besarkan Usaha Kopi Tanggamus

Peran Koperasi Wanita Lampung dalam Besarkan Usaha Kopi Tanggamus

Thomas Aquinus - Jumat, 26 Apr 2019 16:30 WIB

Trubus.id -- Lampung merupakan salah satu wilayah penghasil kopi terbaik di Indonesia. Untuk itu, semua masyarakat di Lampung terlihat membesarkan usahanya, termasuk kaum wanita yang setiap hari mereka menanam, memanen sampai menjualnya langsung hingga ke konsumen.

Lampung sendiri memiliki biji kopi jenis robusta yang sudah terkenal . Maka tidak heran jika kopi tersebut laku di pasar nasional sampai ke mancanegara. Peluang tersebut dimanfaatkan oleh kaum perempuan di Lampung melalui Koperasi Sri Kandi.

Koperasi Sri Kandi mampu menampung usaha perempuan yang memproduksi kopi di Tanggamus, Lampung. Agar lancar, mereka diajak kerja sama dengan Korea Midland Power (KOMIPO).

Baca Lainnya : Kemenkop UKM Sasar Mahasiswa Menjadi Agen Rebranding Koperasi

Presiden Direktur Kotra Kim Byung-sam, ditemani Presiden Direktur KOMIPO Zulfadli, Sri Kandi, serta pejabat setempat di lingkungan perindustrian dan koperasi mengungkapkan mempunyai proyek OVOP. 

"Proyek OVOP adalah New Southern Policy pemerintah Korea Selatan yang baru dalam mengupayakan kerja sama winwin solution," kata Kim Byung-sam, beberapa waktu lalu.

Baca Lainnya : Koperasi Lakukan Reformasi Melalui 3 Tahapan

Menurutnya, program tersebut bisa memberikan keuntungan lebih bagi para enterpreuner di Indonesia. Apalagi pada 2013, Presiden Indonesia dan Presiden Korea Selatan mengadopsi deklarasi para pemimpin bersama untuk memperluas kerja sama bilateral.

Sebelumnya, program tersebut telah dilakukan pada tahun 2015 hingga 2018 dengan mendukung beberapa koperasi di Lombok dan Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Bali. Dengan ini, para pengusaha akhirnya mendapat keuntungan lebih besar. Serta produk pangan lokal bisa dikenal sampai ke dunia. [NN]

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020