trubus.id
DKI Jakarta Darurat Banjir, Waspada 4 Penyakit Ini Mengancam

DKI Jakarta Darurat Banjir, Waspada 4 Penyakit Ini Mengancam

Astri Sofyanti - Jumat, 26 Apr 2019 14:00 WIB

Trubus.id -- Akibat curah hujan tinggi, banjir kerap menggenangi Ibukota Jakarta. Tak hanya itu, banjir yang merendam sejumlah wilayah di DKI Jakarta juga disebabkan kiriman air dari Bogor. Kondisi ini mengakibatkan Sungai Ciliwung meluap.

Banjir memaksa warga untuk mengungsi. Berikut ini sejumah penyakit yang rentan menjangkiti para korban banjir mulai dari ringan hingga berbahaya, berikut ulasannya:

1. Diare

Lingkungan rumah yang tidak langsung dibersihkan usai banjir harus dihindari. Sebab, kontaminasi bakteri yang terbawa oleh genangan banjir bisa memicu terjadinya diare. Sementara di pengungsian, dapur umum menjadi salah satu hal yang paling berisiko menularkan infeksi diare. Dapur umum darurat yang tak dikelola dengan baik bakteri bisa mengontaminasi makanan. Kuman inilah yang akan membuat seseorang akan terserang diare.

Gejala diare pun bisa bervariasi, mulai dari sakit perut singkat dengan Buang Air Besar (BAB) tidak terlalu encer, hingga kram perut hebat yang disertai intensitas BAB yang cukup tinggi dengan disertai keluarnya lendir dan darah. Untuk terbebas dari diare, usahakan mencuci tangan sebelum makan.

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

12 Jan 2021
24 Des 2020
21 Des 2020