Trubus.id -- Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) mendorong generasi muda khususnya para pengelola dan anggota Koperasi Mahasiswa untuk menjadi agen dalam memperkenalkan koperasi di kalangan kaum milenial. Hal tersebut perlu dilakukan karena saat ini Kemenkop UKM tengah melakukan rebranding agar koperasi lebih dikenal kaum milenial saat ini.
“Dorong ini sesuai strategi kebijakan reformasi total koperasi yang sudah dijalankan oleh Kementerian Koperasi dan UKM melalui tiga langkah yaitu reorientasi, Rehabilitasi dan Pengembangan,” ujar Rulli dalam pernyataan resminya, Jumat (26/4).
Sebagai badan usaha, Rulli menyampaikan koperasi wajib dikelola secara profesional. Sehingga mampu mengadopsi perkembangan pola bisnis, dan mengantisipasi perkembangan serta dinamika yang terjadi di tengah masyarakat, termasuk era revolusi industri 4.0 berbasis teknologi.
Baca Lainnya : Media Sosial Menjadi Sarana Populer dan Efektif Rebranding Koperasi
Rulli menilai, saat ini teknologi sangat penting diterapkan bagi koperasi untuk mengembangkan skala usaha dan meningkatkan efisiensi. Menurutnya, dunia usaha tidak hanya bicara mengenai persaingan, namun juga mengenai kolaborasi hingga sinergi di antara para pelaku usaha dalam rangka mengantisipasi berbagai perubahan yang amat cepat.
“Artinya, keberadaan koperasi sangat relevan dengan kondisi era sekarang. Koperasi bukan organisasi atau entitas yang jadul atau ketinggalan jaman,” ujarnya seperti dikutip dari Republika.
Dikatakannya, sebaliknya koperasi semestinya mampu menjadi organisasi modern yang bisa menjadi wadah generasi milenial dalam mengembangkan potensi ekonomi, sosial dan budaya melalui perusahaan yang dimiliki dan dikelola secara bersama. [NN]
Editor : Thomas Aquinus
Berita Terkait
Baca Juga
Berita Lainnya