trubus.id
Kiat » Media Sosial Menjadi Sarana Populer dan Efektif Re...
Media Sosial Menjadi Sarana Populer dan Efektif Rebranding Koperasi

Media Sosial Menjadi Sarana Populer dan Efektif Rebranding Koperasi

Thomas Aquinus - Kamis, 25 Apr 2019 08:30 WIB

Trubus.id -- Pesatnya perkembangan dunia digital membuat media sosial kini menjadi platform paling populer dan efektif untuk melakukan kampanye. Ketua Koperasi Pemuda Indonesia (Kopindo), Pendi Yusuf dalam sebuah Diskusi bertema Optimalisasi Sosial Media Activation menyampaikan, bahwa kesempatan emas ini dapat dijadikan momentum gerakan koperasi untuk membangun image baru (rebranding) koperasi di masyarakat terutama generasi muda.  

Pendi menyampaikan, bila semangat koperasi tidak dilakukan secara terus menerus, maka citra koperasi akan semakin lemah di kalangan generasi muda dan bahkan dapat ditinggalkan. Oleh sebab itu, dirinya menginginkan rebranding koperasi harus semakin diperkuat, dengan strategi rebranding ke dalam organisasi koperasi dan eksternal atau masyarakat. 

Baca Lainnya : Risma Paksa Toko Kelontong di Surabaya Memiliki Koperasi

"Rebranding harus dilakukan baik secara internal dan eksternal. Internal agar seluruh anggota koperasi sebagai penguatan prinsip koperasi dan eksternal untuk memperbaiki citra koperasi dikalangan generasi muda," ujarnya, Rabu (24/4). 

Pendi mengungkapkan, lebih dari 90 persen generasi milenial adalah pengguna internet aktif. Maka penggunaan media sosial akan sangat efektif jika menggunakan media sosial.

Sementara itu, Asisten Deputi Penyuluhan Koperasi Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM Bagus Rachman mengatakan, di era koperasi zaman now, karakteristik koperasi sangat dekat dekat dengan generasi muda.   

Baca Lainnya : Koperasi Sekolah Merupakan Embrio Pendidikan Wirausaha Sejak Dini

"Koperasi memberi ruang bagi anak muda yang ingin berekspresi menunjukkan kreativitas, produktivitas dan jiwa kewirausahaan dalam kerangka kebersamaan berbagi," ujarnya.

Menurutnya, koperasi dapat mengandalkan teknologi digital dalam pengelolaan bisnisnya dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pelayanan anggota. 

Sebagai seorang content creator, Abdallah Gifar Abisena mengungkapkan, menggunakan media sosial atas sebuah brand dapat memberikan dampak yang luar biasa. Hal tersebut akan terlihat pada peningkatan jumlah pengunjung, publik menjadi bagian dari kompetisi, menciptakan rasa penasaran melalui konten media sosial, dan pengguna internet di dunia menghabiskan waktu lebih banyak di media sosial untuk bertukar informasi. 

Baca Lainnya : 200 Koperasi di Jabar akan Digitalisasi Sasar Generasi Milenial

"Sangat perlu diperhatikan menyajikan konten media sosial yang mampu mengikat hubungan antara publik dengan brand tersebut. Konten video menjadi media visual promosi yang paling disukai saat ini," ujarnya. 

Pada kesempatan tersebut, Gifar juga menyampaikan bahwa peran media sosial selain dapat membangun image menjadi populer secara cepat juga dapat memulihkan citra negatif dan memperluas penyebaran konten. Hal inilah yang dinilai penting untuk strategi rebranding koperasi. [NN]

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020