trubus.id
Staf Penjaga Kebun Binatang Topeka, Diserang Harimau Sumatera

Staf Penjaga Kebun Binatang Topeka, Diserang Harimau Sumatera

Syahroni - Senin, 22 Apr 2019 23:00 WIB

Trubus.id -- Upaya konservasi Harimau Sumatera tak hanya dilakukan di Tanah Air. Di luar negeri, upaya yang sama juga dilakukan. Seperti di Kebun Binatang Topeka, Kansas, Amerika Serikat ini contohnya.

Di Kebun binatang ini, Sanjiv, seekor harimau Sumatera jantan hidup dengan damai. Melansir Time, belum lama ini Sanjiv bahkan berhasil menjadi ayah bagi 4 anak harimau Sumatera di kebun binatang itu.

Namun belum lama ini, Sanjiv berulah. Ia menyerang seorang staf kebun binatang tempatnya tinggal. Tapi untungnya pihak kebun binatang memandang peristiwa ini dengan bijaksana. Harimau berusia 7 tahun itu pun lolos dari hukuman mati.

Baca Lainnya : Aktivis Selamatkan Puluhan Satwa Kelaparan dari Kebun Binatang Gaza

Yah, Sabtu (20/4) lalu, Sanjiv menyerang penjaga utama harimau, yang identitasnya tidak dirilis. Meski perempuan tersebut kini dalam kondisi stabil, namun dia mengalami luka robek dan tusukan di punggung, leher, kepala, dan lengannya. 

Direktur Kebun Binatang Topeka, Brendan Wiley mengatakan, ada banyak orang di lokasi ketika serangan terjadi. Meski sedang menyelidiki insiden tersebut, namun serangan itu diduga akibat kesalahan manusia. Wiley mengatakan, anggota staf kebun binatang tidak seharusnya berada di ruang yang sama dengan harimau.

Selanjutnya, dia mengklarifikasi kegiatan semacam itu merupakan proses harian bagi penjaga kebun binatang untuk membersihkan atau dalam rangka pemeliharaan. 
"Sebenarnya tidak ada keadaan di mana mereka seharusnya berada di ruang yang sama, jadi ada semacam kesalahan yang terjadi di sini," katanya, seperti dikutip dari CNN. 

Baca Lainnya : Dua Gajah Afrika Mati di Kebun Binatang AS, Virus Ini Dituding Sebagai Biang Keladinya

Menanggapi serangan tersebut, manajemen kebun binatang tidak berencana untuk menyuntik mati hewan itu. Wiley menyebut, harimau Sumatera merupakan spesies yang sangat langka dan hampir punah. 

"Walau insiden ini sangat disayangkan, tapi dia melakukan apa yang binatang liar lakukan," ujarnya.

Dia memuji para stafnya yang merespons peristiwa tersebut dengan cepat dan efektif dalam waktu 10 menit. Pemberitahuan diberikan kepada semua staf kebun binatang setelah serangan. Kemudian anggota staf gajah yang berada agak jauh mampu memancing harimau kembali ke kandang. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020