trubus.id
Manfaat Dahsyat Jeruk Purut, Obati Kelelahan

Manfaat Dahsyat Jeruk Purut, Obati Kelelahan

Karmin Winarta - Sabtu, 20 Apr 2019 09:08 WIB

Trubus.id -- Salah satu ciri jeruk purut adalah kulitnya yang berkerut-kerut  atau benjol-benjol dan tidak mulus. Ini yang membedakan dengan jeruk lainnya. Jeruk ini mempunyai nama daerah yang berbeda-beda. Orang batak menyebutnya pangir, di Lampung di sebut lemau purut, sementara di Minangkabau disebut lemao puruik.

Nama latinnnya adalah Citrus hystrix

Jeruk ini cukup mudah ditemukan di sekitar kita, baik di pasar konvensional, pasar modern atau di lapak-lapak online.. Di dapur, buah ini biasa dipakai untuk bumbu masakan.Bahkan daunnya pun juga bisa dipakai sebagai pemantap rasa. 

Dan yang jarang diketahui orang, tumbuhan yang bisa mencapai tinggi 3 meter ini juga bisa bermanfaat obat. Karena daun jeruk purut mengandung minyak atsiri, tanin, steroid dan triterpenoid sedangkan pada kulit buah terdapat sitrat, tanin, steroid dan saponin.

Menurut Kitab Tumbuhan Obat yang diterbitkan Penerbar Swadaya, jeruk purut mampu mengobati flu dan kelelahan.Jadi jika trubus Mania sedang menderita flu, ambil satu buah jeruk purut dan peras kemudian campurkan dengan segelas air hangat. Minum saja larutan jeruk nipis tersebut, pernafasan akan lebih lega.

Selain flu, jeruk purut juga mampu meredakan kelelahan yang sangat. Jika Trubus Mania merasakan lelah karena bekerja seharian atau bahkan lebih dari 24 jam, kalian bisa memanfaatkan daun jeruk untuk memulihkan stamina.

Caranya, ambil segenggam daun jeruk purut lalu rebus dalam 3 liter air hingga mendidih. Campurkan air rebusan daun jeruk purut ke dalam air yang biasa untuk mandi. 

Mudah kan?

Daun jeruk purut juga dipercaya mampu menyuburkan rambut. 

 

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020