trubus.id
500 Ekor Sapi Betina Produktif di Badung, Diikutkan Asuransi Secara Gratis

500 Ekor Sapi Betina Produktif di Badung, Diikutkan Asuransi Secara Gratis

Syahroni - Senin, 15 Apr 2019 20:30 WIB

Trubus.id -- Untuk menjaga keberlangsungan pembibitan dan pengembangbiakan sapi, Pemerintah Kabupaten Badung, Bali menggulirkan Asuransi Usaha Tani Sapi (AUTS). Subsidi dengan premi 80 persen untuk AUTS ini dikhususkan untuk sapi betina produktif.

Dengan AUTS, apabila terjadi kematian pada hewan ternak, para peternak sapi di Badung akan mendapatkan ganti rugi, sehingga peternak sapi bisa tetap melanjutkan usahanya melalui dana ganti rugi dari asuransi.

Baca Lainnya : Jaga Keseimbangan Populasi, Tahun Ini Bali Hanya Keluarkan 48 Ribu Ekor Sapi

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, Putu Oka Swadiana mengakui, pemberian AUTS untuk sapi betina produktif bertujuan untuk menjaga keberlangsungan pembibitan dan pengembangbiakan sapi yang dilakukan oleh para peternak.

“Sebanyak 80 persen premi disubsidi pemerintah pusat, sedangkan 20 persen lainnya dibayar oleh Pemerintah Daerah (Pemkab Badung). Ketentuannya rate premi sebesar 2 persen dari harga sapi. Bila, harga sapi Rp10 juta, maka premi senilai Rp200 ribu. Nah, pembayarannya Rp160 ribu dibayari alias subsidi Pemerintah Pusat, Rp40 ribu dibayar oleh Pemkab Badung,” tuturnya dilansir dari Nusa Bali, Minggu (14/4).

Baca Lainnya : Sanksi Pidana Menanti Peternak yang Masih Nekat Potong Sapi Betina Produktif

Dengan skema tersebut, sama halnya peternak diberi auransi gratis. Petani tak perlu merogoh kocek dari kantong pribadi untuk melindungi sapi-sapi betina mereka dari kematian yang menimbulkan kerugian besar.

Nah, untuk tahun 2019, menurut Swadiana ada sebanyak 500 ekor sapi betina yang akan diasuransikan. Rinciannya di Kecamatan Kuta Utara 25 ekor, Kecamatan Mengwi 291 ekor, Kecamatan Abiansemal 116 ekor, dan Kecamatan Petang 68 ekor.

Swadiana menjelaskan, pengajuan asuransi bisa dilakukan oleh perorangan atau kelompok ternak. Perorangan atau kelompok peternak diwajibkan mengisi formulir dan memenuhi segala persyaratan yang telah ditentukan. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

09 April 2020
09 April 2020
09 April 2020

Baca Juga

Berita Lainnya