trubus.id
Peristiwa » KLHK Dorong Kampung dan Kota Tingkatkan Kualitas U...
KLHK Dorong Kampung dan Kota Tingkatkan Kualitas Udara dengan Proklim

KLHK Dorong Kampung dan Kota Tingkatkan Kualitas Udara dengan Proklim

Astri Sofyanti - Kamis, 11 Apr 2019 20:00 WIB

Trubus.id -- Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas udara. Aksi nyata menjaga bumi dari perubahan iklim yang sudah di depan mata merupakan sebuah momentum penting dalam mengurangi polusi udara yang erat kaitannya dengan kesehatan.

Pasalnya, mendapatkan kualitas udara bersih adalah hak setiap manusia. Sebuah penelitian yang dilakukan baru-baru ini, menunjukkan bahwa membatasi perubahan iklim dapat mencegah kematian akibat polusi udara di dunia.

Untuk itu, sebuah negara harus benar-benar berkomitmen untuk menghadapi perubahan iklim dengan cara memperbaiki serta meningkatkan kualitas udara di negara tersebut.

Baca Lainnya : Urban Farming, Solusi untuk Meningkatkan Kualitas Udara di Perkotaan

Beberapa tahun belakangan ini, baik pemerintah, lembaga/instansi, komunitas, hingga masyarakat mulai sadar akan pengaruh perubaham iklim dalam kaitannya terhadap penurunan kualitas udara bersih, terlebih kualitas udara di kota-kota besar seperti di Jakarta yang terbilang paling buruk di antara kota-kota lain di Indonesia.

Baca Lainnya : China Kurangi Produksi Kendaraan Listrik Penurun Polusi Udara, Ini Alasannya

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) juga memiliki untuk menangani hal ini. Program Kampung Iklim (Proklim) namanya.

"Program Kampung Iklim ini dilaksanakan dalam rangka mendorong baik kampung ataupun kota untuk melakukan mitigasi dan adaptasi aksi nyata mendorong peningkatan kualitas udara bersih," terang Noer Adi Wardojo, Kepala Pusat Standarisasi Lingkungan Hidup dan Kehutanan KLHK, saat ditemui Trubus.id di Jakarta, Kamis (11/4).

Lebih lanjut dirinya berharap, praktik-praktik tersebut bisa semakin diperluas. "Meski namanya Proklim, bukan hanya menyasar RT, RW, atau kampung saja tapi bisa mencakup satu kota. KLHK terus mendorong itu," tandasnya. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020