trubus.id
Minimnya Stok Bawang Putih Nasional, Bisa Memicu Gejolak Harga yang Lebih Besar

Minimnya Stok Bawang Putih Nasional, Bisa Memicu Gejolak Harga yang Lebih Besar

Astri Sofyanti - Rabu, 10 Apr 2019 22:30 WIB

Trubus.id -- Kementerian Perdagangan hingga saat ini belum mengizinkan Perum Bulog untuk mengimpor bawang putih guna memenuhi kebutuhan nasional. Padahal saat ini stok persediaan bawang putih nasional terus menipis.

Pengamat Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB), Andreas Dwi Santosa mengatakan, jika kondisi ini tidak segera ditangani, dirinya khawatir minimnya stok bawang putih nasional akan memicu gejolak harga yang lebih besar lagi dalam beberapa waktu ke depan. 

Baca Lainnya : Pengamat Pertanian: Persediaan Bawang Putih Nasional Masuk Kategori Kritis

Andreas menjelaskan, enam hari lalu atau tepatnya pada 4 April 2019 silam, harga rata-rata bawang putih nasional sudah mencapai Rp36.400 per kilogram (kg). Padahal harga normalnya hanya sekitar Rp22.000 per kg.

“Kemudian per 10 April hari ini, harga bawang putih sudah mencapai Rp38.250 per kilogram. peningkatannya terlalu tinggi ini, hanya dalam tempo enam hari yang amat sangat singkat sudah meningkat hingga 100 persen,” paparnya kepada Trubus.id, Rabu (10/4).

Andreas menilai, harga bawang putih nasional saat ini sudah berada di lampu merah bagi pemerintah. Karena itu ia khawatir harga bawang putih bisa mencapai nilai tertinggi yaitu Rp50 ribu per kilogramnya.

Baca Lainnya : Mendag: Impor Bawang Putih Hanya untuk Kondisi Darurat

“Saya pastikan akan melonjak di angka Rp 50.000 per kilogram dalam jangka dekat, mungkin sekitar satu sampai dua minggu ke depan. Saya rasa ini cukup riskan,” tambahnya lagi.

Dirinya menuturkan sekalipun pemerintah melakukan impor, dirinya mengatakan bahwa melakukan kebijakan impor itu bukan seperti membalikkan telapak tangan. Karena bisa memakan waktu paling cepat satu bulan. Dan selama 1 bulan itu dikhawatirkan harga bawang akan terus meningkat.

“Itu kalau kita impor bawang putih dari China. Dengan stok yang makin menipis, dihitung saja berapa harga jual bawang putih nantinya,” terang Andreas lagi. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

26 Okt 2020
19 Okt 2020
19 Okt 2020