trubus.id
Life » Tidak Hanya Mood, Kafein Bisa Meningkatkan Kinerja...
Tidak Hanya Mood, Kafein Bisa Meningkatkan Kinerja Olahraga

Tidak Hanya Mood, Kafein Bisa Meningkatkan Kinerja Olahraga

Diah Fauziah - Rabu, 10 Apr 2019 19:30 WIB

Trubus.id -- Tidak sekadar mood, mengonsumsi kafein sebelum berolahraga dapat meningkatkan kinerja, menurut penelitian baru di British Journal of Sports Medicine. Secara khusus, kafein dapat membantu kecepatan, kekuatan dan daya tahan seseorang.

"Suplemen kafein sangat lazim di kalangan atlet. Penelitian di tahun 2011 mengungkapkan bahwa 75 persen sampel urine dari atlet olimpiade mengandung kadar kafein yang terukur," kata Jozo Grgic, peneliti dari Victoria University di Melbourne, Australia.

Baca Lainnya : Inilah Penyebab Nikmatnya Kopi Terasa Sempurna

Pada tahun 2004, kafein dihapus dari daftar zat yang dilarang selama kompetisi oleh lembaga anti doping dunia.

"Sejak itu, asupan kafein di kalangan atlet meningkat," kata Jozo.

Bersama rekannya, Jozo menganalisis kembali penelitian antara tahun 2004 dan 2018. Hasilnya, kafein bisa membantu daya tahan otot, kekuatan otot, kinerja lompat, kecepatan olahraga, kekuatan anaerob dan daya tahan aerobik. Secara umum, efek kafein lebih besar untuk latihan aerobik daripada anaerob.

Baca Lainnya : Teknik Pengolahan Menentukan Kadar Kafein dalam Kopi?

"Namun, dosis optimal tetap sulit dipahami. Dosis kafein tergantung jenis biji kopi, metode persiapan, ukuran cangkir, merek dan rasa tambahan," jelasnya.

"Umumnya, dua cangkir kopi yang dikonsumsi 60 menit sebelum olahraga, bisa memberikan efek ergogenik pada sebagian besar individu," bebernya.

Namun, respons seseorang yang mengonsumsi kafein bisa berbeda.

"Dosis kafein yang tinggi bisa menyebabkan efek samping seperti sakit kepala, mual, insomnia dan lainnya," jelas Jozo kepada Reuters Health. [DF]

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020