trubus.id
Ini Akibatnya Kalau Enggak Pakai Alas Kaki Saat Bermain dengan Hewan

Ini Akibatnya Kalau Enggak Pakai Alas Kaki Saat Bermain dengan Hewan

Diah Fauziah - Senin, 08 Apr 2019 18:30 WIB

Trubus.id -- Tidak sekadar penunjang penampilan, alas kaki berupa sandal atau sepatu dapat mencegah seseorang terkena bakteri berbahaya.

Ya, ada banyak bakteri yang tidak dapat dilihat langsung oleh mata. Jadi, ketika Trubus Mania tidak menggunakan alas kaki berupa sandal atau sepatu ketika bermain dengan hewan, kemungkinan besar ia terkena bakteri.

Inilah yang terjadi dengan seorang anak perempuan berusia 10 tahun yang sedang liburan dengan keluarganya di sebuah desa di Brasil. Ketika bermain di kandang babi, ia tidak mengenakan alas kaki.

Baca Lainnya : Digigit Kutu Busuk, Begini Cara Mengatasinya

Setelah 10 hari, anak tersebut mengalami gatal-gatal di telapak kakinya. Ternyata, ada beberapa titik hitan di telapak kakinya dan ketika dipegang, terasa sakit. Dokter yang memeriksanya mengatakan jika ia mengalami tungiasis. Penyakit yang disebabkan lalat pasir betina yang masuk ke kulit.

Biasanya, serangga ini ditemukan di pasir, jerami atau rumput untuk makan hewan ternak. Tungiasis tidak langsung bisa dideteksi hari itu juga ketika seseorang bermain dengan hewan tanpa alas kaki. Ada jeda waktu beberapa hari setelah ia digigit hewan itu. Tungiasis bisa ditemukan di seluruh wilayah tropis dan subtropis di dunia.

"Dikenal sebagai jigger atau chigoe. Betina dari lalat betina masuk ke kulit terutama jari kaki, telapak kaki, tepi kaki dan tumit. Saya yakin 99 persen kaki anak itu terkena hewan itu," ujar juru bicara WHO kepada Newsweek.

Baca Lainnya : Kutu Kaki Hitam, Penyebab Lyme Disease yang Diderita Avril Lavigne

Ia melanjutkan, "Rasa gatal dan iritasi terjadi ketika lalat betina berkembang sepenuhnya dan meningkatkan volume tubuh dalam waktu dua minggu."

Maka dari itu, Trubus Mania yang ingin main dengan binatang peliharaan atau hewan ternak, jangan lupa pakai alas kaki yang tertutup. Selain itu, gunakan sarung tangan dan masker agar terhindar tungiasis. Well, kalian tidak ingin bernasib sama dengan anak perempuan itu kan? [DF] 
 

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020