trubus.id
Konsumsi Jus Buah, Perempuan Ini Alami Kerusakan Otak

Konsumsi Jus Buah, Perempuan Ini Alami Kerusakan Otak

Astri Sofyanti - Minggu, 07 Apr 2019 20:00 WIB

Trubus.id -- Seorang perempuan asal Israel mengalami kerusakan otak usai mengonsumsi jus buah diet selama tiga minggu.

Mengutip Daily Mail, perempuan yang tidak disebutkan namanya ini hanya mengonsumsi jus buah dan air putih selama tiga minggu lantaran sedang diet. Namun, cara ini malah membuatnya dirawat di rumah sakit.

Baca Lainnya : Jangan Anggap Sepele, Dehidrasi Bisa Menyebabkan Kerusakan Otak dan Kematian

Diagnosis dokter, ia mengalami malnutrisi yang sangat parah. Bahkan, ia mengalami kerusakan otak yang kemungkinan tidak bisa disembuhkan. Selain itu, perempuan berusia 40 tahun ini juga mengidap hiponatremia atau keracunan air.

Hiponatremia merupakan suatu kondisi di mana kandungan natrium dalam darah terlalu rendah. Konon, salah satu penyebabnya karena terlalu banyak mengonsumsi air.

Baca Lainnya : Duduk Terlalu Lama Picu Kerusakan Otak

Ya, terlalu banyak mengonsumsi air bisa menyebabkan sel-sel dalam tubuh membengkak. Pada akhirnya,bisa menyebabkan efek ringan hingga mengancam jiwa. Beberapa gejala ketika seseorang mengalami keracunan air meliputi mual dan muntah, sakit kepala; kebingungan, kehilangan energi; mengantuk, kelelahan, gelisah dan mudah tersinggung, kelemahan otot, kejang atau kram. Terparah, bisa menyebabkan koma.

"Banyak orang yang hanya mengonsumsi jus untuk menurunkan berat badan. Sebetulnya, Anda tidak perlu minum jus karena tubuh secara alami membersihkan diri setiap hari. Seluruh gagasan detoksifikasi itu, tidak ada ilmu yang mendukungnya,” kata ahli gizi. [DF]

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020