trubus.id
Peristiwa » Pohon Tumbang Tewaskan Pengunjung Ragunan, Pemprov...
Pohon Tumbang Tewaskan Pengunjung Ragunan, Pemprov DKI Akan Standarisasi Pohon di Jakarta

Pohon Tumbang Tewaskan Pengunjung Ragunan, Pemprov DKI Akan Standarisasi Pohon di Jakarta

Syahroni - Kamis, 04 Apr 2019 20:35 WIB

Trubus.id -- Pohon tumbang dilaporkan menewaskan seorang pengunjung Kebun Binatang Ragunan dan melukai 4 pengunjung lainnya, Rabu (3/4) kemarin. Kapolsek Pasar Minggu, Kompol Prayitno mengatakan, peristiwa terjadi saat angin kencang melanda Jakarta Selatan pukul 14.30 WIB.

Akibat hembusan angin, dahan seukuran lengan orang dewasa jatuh dan menimpa pengunjung yang berada di dekat kandang harimau. Pengunjung yang tengah membeli cinderamata di sekitar lokasi kejadian pun jadi korbannya. 

Kelima korban yang tertimpa dahan pohon itu diantaranya adalah seorang ibu muda bernama Anis Khairunisa (22). Dia mengalami luka di bagian kepala. Sayangnya, warga Desa Sukamaju, Tambelang, Kabupaten Bekasi itu tewas saat ditangani di rumah sakit.

Baca Lainnya : Cuaca Ekstrem, Waspada 6 Titik di Depok Ini Rawan Pohon Tumbang

"Meninggal dunia dengan luka terbuka di kepala sebesar kepalan tangan," kata Kompol Prayitno kepada wartawan, Kamis (4/4).

Selain Anis, korban lain yang terluka adalah anak Anis bernama Dafin Algifari berusia sekitar 2-3 tahun. Korban lainnya yang masih dirawat di RSUD Pasar Minggu bernama M Alif Annabawi (6) warga Cipondoh, Tangerang serta Sugihwanti (48) warga Tambora Jakarta Barat. Satu korban lainnya bernama Chinta Tsania (7), warga Cipondoh, Tangerang.  

Polisi masih menyelidiki penyebab robohnya pohon tersebut. Sejauh ini, polisi sudah memeriksa dua orang saksi. Sementara itu, Kasatpel Promosi dan Pengembangan Usaha, TMR, Ketut Widarsana mengatakan pihak Taman Margasatwa Ragunan akan bertanggung jawab penuh kepada korban dari insiden itu.

"Kami sepenuhnya bertanggung jawab atas peristiwa ini. Kami kemarin sore juga sudah datang ke rumah duka dan rumah korban. Pimpinan hadir menyampaikan bela sungkawa. Semua biaya pengobatan kami tanggung, kami juga sudah bermusyawarah dengan pihak keluarga dan pagi tadi sudah dilakukan pemakamman ya. Tim kami dan pimpinan juga tadi meluncur untuk menghadiri pemakaman itu," pungkasnya seperti dilansir dari Detik.com.

Menanggapi kejadian ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengaku akan melakukan standardisasi pohon.

Baca Lainnya : Ngeri, 187 Pohon Tumbang di Jakarta Akibat Cuaca Ekstrem

"Akan kita lakukan standardisasi buat pohon. Jadi dalam kota pohon harus punya ketinggian yang maksimalnya berapa," kata Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta Suzi Marsitawati di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (4/4).

Suzi mengatakan sedang mengkaji standardisasi pohon-pohon yang ada di Jakarta. Aturan tersebut akan mengatur ketinggian pohon dan lokasi penanaman pohon dengan ketinggian tertentu.

"Kita lagi susun SOP-nya bahwa dalam kota itu ketinggian tanaman harus diatur. Jadi harus ditoping dengan ketinggian misalnya 20 meter. Sedangkan kalau melebihi ketinggian maksimal pohon itu boleh ditanam di hutan kota atau taman kota yang luasnya lebih dari 3 hektare," jelasnya.

Suzi mengatakan pihaknya sudah secara rutin melakukan pendataan pohon rawan tumbang di Jakarta. Dia berencana melakukan peremajaan pohon-pohon berumur tua.

"Memang ke depan kita tuh meng-USG apakah batang itu keropos sakit gitu ya. Nah itu kita akan lakukan peremajaan," paparnya. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020