trubus.id
Banjir Kepung Kabupaten Dompu, Ternak Warga Banyak yang Terseret Arus

Banjir Kepung Kabupaten Dompu, Ternak Warga Banyak yang Terseret Arus

Astri Sofyanti - Kamis, 04 Apr 2019 12:00 WIB

Trubus.id -- Banjir kembali melanda Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Rabu (3/4) sore hari. Akibat banjir tersebut, dilaporkan sebanyak 386 rumah penduduk di 3 kelurahan terkepung banjir. Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dompu, banjir paling parah terjadi di Kota Baru, Kelurahan Bada, Kecamatan Dompu. Di lokasi ini banjir merendam permukiman warga dengan ketinggian air mencapai lebih dari dua meter dan merendam 150 rumah warga.

Wilayah yang terdampak banjir lainnya yakni di Kampo Samporo, dengan total 115 rumah terendam, kemudian, Mantro sebanyak 50 rumah terendam dan Ujung Pandang yang berada di Kelurahan Bali 1, sebanyak 11 rumah terendam.

Baca Lainnya : BMKG: Waspada Banjir Rob di Pesisir Semarang Hingga 3 Bulan Mendatang

Sementara di Kelurahan Karijawa Kampung Jogja, terdapat 20 rumah dan di lingkungan Sigi, sebanyak 40 rumah terendam. Rumah yang terendam sebagian besar lokasi dekat dengan Sungai Silo yang melintas di Kecamatan Dompu.

“Tiga rumah yang berada di Kota Baru dan Kampo Samporo hanyut terbawa arus banjir,” terang Kepala Pelaksana BPBD Dompu, Iksan, dalam keterangan tertulisnya, mengutip Detik, Kamis (4/4).

Lebih lanjut dilaporkan, banjir juga menghanyutkan puluhan hewan ternak milik warga di wilayah tersebut. "Kerugian materil berupa hewan ternak, terbawa arus banjir dan juga perabotan rumah tangga," tambah Iksan.

Baca Lainnya : Tanggul Cijalobak Jebol, Banjir Bandang Kepung 2 Sekolah di Ujungberung

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD NTB, Muhammad Rum mengungkapkan, sampai saat ini pihaknya masih melakukan pendataan dampak banjir yang melanda Kabupaten Dompu, NTB. Dari data semeptara yang sudah berhasil dihimpun, BPBD mencatat sebanyak 1.150 warga mengungsi.

Hingga pagi ini, tidak ada laporan korban jiwa ataupun luka-luka yang dialami masyarakat. BPBD masih terus memantau situasi di lapangan dan segera memperbarui informasi jika ada perkembangan termutakhir. Diakui Rum, BPBD Kabupaten Dompu telah mengerahkan Tim Respon Cepat ke lokasi banjir untuk mendata dan distribusi bantuan logistik.

"Kondisi saat ini banjir mulai surut, namun masih banyak rumah warga yang terendam. Cuaca saat ini dalam kondisi mendukung," tandasnya. [RN]

 
 
 

Editor : Syahroni

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020