trubus.id
April, Cuaca Buruk dan Angin Kencang Landa Sumut

April, Cuaca Buruk dan Angin Kencang Landa Sumut

Diah Fauziah - Rabu, 03 Apr 2019 22:00 WIB

Trubus.id -- Pada April 2019, Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) wilayah I Medan memperkirakan jika sebagian wilayah di Sumatra Utara (Sumut) masih terjadi hujan lebat, petir dan angin kencang.

Menurut Kepala Bidang Data dan Informasi BBMKG wilayah I Medan, Syahnan, itu terjadi akibat konvergensi belokan angin dan pemanasan suhu laut. Sehingga, massa udara basah berkumpul di wilayah ini.

Baca Lainnya : Ternyata, Hujan Es di Indonesia Itu Fenomena Cuaca Alamiah

"Berdampak pada cuaca buruk dan angin kencang di Sumatra Utara dalam beberapa waktu terakhir," kata Syahnan, Rabu (3/4).

Keadaan itu juga mengakibatkan pertumbuhan awan menjadi lebih banyak. Tidak heran terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat dan petir serta angin kencang.

"Hujan lebat disertai petir dan angin kencang terjadi lepas tengah hari sampai lewat tengah malam. Pada pagi hingga tengah hari, suhu panas menerpa dan relatif lebih panas dari biasanya," jelasnya.

Baca Lainnya : BMKG: Curah Hujan Masih Tinggi, Banjir Bandang Susulan Masih Ancam Sentani

Maka dari itu, Syahnan mengimbau masyarakat, terutama yang berada di daerah pegunungan dan bantaran sungai untuk selalu waspada.

"Masyarakat yang tinggal di pegunungan harus waspada terhadap tanah longsor, sementara yang tinggal di bantaran sungai harus mewaspadai hujan di gunung yang mengakibatkan banjir," bebernya. [DF]

 

 

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020