trubus.id
Rekor Banjir Landa Negara Bagian Amerika Serikat, Debit Sungai Meningkat Cepat

Rekor Banjir Landa Negara Bagian Amerika Serikat, Debit Sungai Meningkat Cepat

Diah Fauziah - Senin, 18 Mar 2019 19:30 WIB

Trubus.id -- Pada Minggu (17/3), hujan lebat menyebabkan banjir di negara bagian Central Plains, Amerika Serikat. Menerobos tanggul sungai, menyebabkan dua kematian.

Diperkirakan, debit air sungai akan naik sepanjang minggu. Oleh karena itu, aparat berwenang mengevakuasi masyarakat yang tinggal di sepanjang Sungai Missouri di perbatasan Nebraska dan Iowa. Begitu juga masyarakat yang tinggal di area Sungai Elkhorn dan Sungai Platte, Nebraska.

Baca Lainnya : Banjir Sungai Amazon Meningkat Drastis dalam 100 Tahun Terakhir 

"Saat ini, kita berada pada rekor banjir. Tidak sedikit kota yang akan terkena banjir," kata Marc Chenard, ahli meteorologi dari the National Weather Service Weather Prediction Center.

Banjir mematikan itu merupakan dampak dari badai di akhir musim dingin yang melanda negara bagian tengah di Amerika Serikat. Bahkan, hujan tersebut menyebabkan longsor salju dengan kecepatan tinggi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Baca Lainnya : Badai Lane Masuk Kategori Lima, Hawaii Berpotensi Banjir Bandang dan Tanah Longsor

"Kombinasi antara hujan deras dan salju yang mencair menyebabkan debit air di sungai sangat tinggi," jelas Marc, dikutip dari Reuters.

Diperkirakan, banjir berlangsung sepanjang minggu di Nebraska, South Dakota, Iowa, Minnesota, Wisconsin dan Illinois.

"Kami sedang melihat banjir besar yang berlanjut hingga setidaknya awal minggu depan di wilayah Plains dan Midwest," ucapnya. [DF]

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020