trubus.id
Pejuang Pangan Indonesia jadi Korban Jatuhnya Pesawat Ethiopian Airlines

Pejuang Pangan Indonesia jadi Korban Jatuhnya Pesawat Ethiopian Airlines

Binsar Marulitua - Senin, 11 Mar 2019 12:00 WIB

Trubus.id -- Pesawat Ethiopian Airlines dengan nomor penerbangan ET-302, jatuh pada hari Minggu (10/3)  dalam perjalanan dari Addis Ababa ke Nairobi, Kenya. Seorang pejuang pangan dan kelaparan Indonesia terkonfirmasi turut menjadi korban dalam peristiwa memilukan tersebut. 

Konfirmasi atas meninggalnya Harina Hafitz, sebagai salah satu staf World Food Programme (WFP), organisasi PBB yang bergerak di bidang ketahanan pangan dan kelaparan, disampaikan melalui keterangan David Beasley, direktur eksekutif WFP. Saat terjadi kecelakan Harina juga bersama enam staf WFP lainnya dari berbagai belahan dunia.

"Hari ini adalah hari tersedih untuk saya sebagai direktur eksekutif. Semua keluarga korban telah dikabari dan kami menawarkan dukungan dan konseling untuk membantu mereka. Saya akan pergi ke Addis Ababa untuk membantu kolega kami," kata David Beasley dalam keterangan resminya, Senin (11/3).

Selain Harina, staf WFP yang menjadi korban lainnya adalah: Ekta Adhikari dari Nepal, Maria Pilar Buzzetti dan Virginia Chimenti dari Italia, Zhen-Zhen Huang dari Tiongkok, Michael Ryan dari Irlandia, dan Djordje Vdovic dari Serbia.

"Mari kita mengenang mereka sebagai orang-orang yang rela berkorban, bekerja jauh dari keluarga dan kerabat demi menjadikan dunia ini tempat yang lebih baik. itu adalah panggilan bagi mereka, dan semua keluarga besar WFP. Kami juga turut berdukacita atas meninggalnya staf PBB yang lain dalam kecelakaan itu," kata David Beasley.

Sekjen PBB, Antonio Guterres, wakil sekjen Amina Mohammed, direktur eksekutif Unicef Henrietta Fore, dan komisioner UNHCR Filippo Grandi juga mengucapkan belasungkawa. Sebanyak 19 orang staf PBB dari berbagai agensi meninggal dalam insiden tersebut.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI menyatakan telah mendapat kabar resmi dari pihak maskapai Ethiopian Arilines soal adanya seorang WNI yang jadi korban di pesawat yang jatuh hari ini. Namun, identitas WNI tersebut belum disebutkan.

"KBRI Addis Ababa telah mendapatkan informasi dari kantor Ethiopian Airlines bahwa terdapat 1 WNI yang menjadi korban dari kecelakaan pesawat Ethiopian Airlines yang menuju Nairobi dari Addis Ababa," kata juru bicara Kemlu Arrmanatha Nasir, Minggu (10/3).

Pesawat Ethiopian Airlines dilaporkan jatuh setelah lepas landas dari Bandara Internasional Bole di Addis Ababa, Ethiopia menuju Nairobi, Kenya, menewaskan 157 orang. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020