trubus.id
Travel » Masjid Agung Kesultanan Banten, Destinasi Wisata B...
Masjid Agung Kesultanan Banten, Destinasi Wisata Bukti Kuatnya Toleransi

Masjid Agung Kesultanan Banten, Destinasi Wisata Bukti Kuatnya Toleransi

Karmin Winarta - Sabtu, 09 Mar 2019 19:00 WIB

Trubus.id -- Indonesia memiliki banyak peninggalan sejarah, jejak kerajaan maupun kesultanan dengan keragaman filosofinya. Salah satunya Kesultanan Banten, yang memiliki toleransi dan solidaritas antar pemeluk agama. Salah satu buktinya adalah  bangunan Masjid Agung Kesultanan Banten yang berdampingan dengan Vihara Avalokitesvara.

Lokasi keduanya bangunan ini sangat berdekatan, hanya berjarak sekitar satu kilometer. Kedua bangunan ini juga didirikan nyaris pada tahun yang sama di abad ke-15 Masehi.

"Kalau bicara toleransi, itu sudah ada toleransi di Banten, itu dibuktikan tidak jauh dari sini (Masjid Kesultanan Banten) ada Vihara. Jadi kalau sekarang bicara (isu) agama, sara, itu sudah usang," kata Tb. Abbas Wasse, Ketua Kenadziran Kesultanan Banten, ditemui dikediamannya, Sabtu (09/03/2019).

Banten sejak dulu hingga kini, selalu didatangi para pendatang, baik dari kawasan nasional maupun dunia. Dulu, para pedagang singgah ke Banten melalui Pelabuhan Karangantu, yang hingga kini masih ada.

Tak hanya itu, pelaut dari berbagai kerajaan di Nusantara jaman dahulu pun singgah ke Banten untuk berdagang maupun menjalin hubungan bilateral. Kapal mereka bersabar di pelabuhan yang sama.

Sejak jaman Kesultanan Banten berdiri, telah di ajarkan bagaimana melawan korupsi agar kerajaan tetap kokoh berdiri. Hingga akhirnya berjaya dan mampu memberikan perlawanan sengit ke penjajah Belanda kala itu.

Kunci dari kuat dan jayanya Kesultanan Banten adalah rajinnya merajut silaturahmi dengan siapapun. Hal yang harus tetap ditiru oleh generasi saat ini.

"silaturahim tidak boleh ada sekat, silaturahim bagi warga Indonesia itu hal yang baik," ujarnya.

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020