trubus.id
Ratusan Rumah di Ponorogo Terendam, Jatim Darurat Bencana Banjir

Ratusan Rumah di Ponorogo Terendam, Jatim Darurat Bencana Banjir

Astri Sofyanti - Kamis, 07 Mar 2019 18:09 WIB

Trubus.id -- Akibat hujan deras yang terjadi sejak Selasa (5/3), ratusan rumah warga di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur terkepung banjir. Banjir mengakibatkan 100 kepala keluarga (KK) terjebak banjir. Sampai saat ini belum semua warga dievakuasi oleh petugas.

"Kami cukup kesulitan melakukan proses evakuasi karena debit air yang masih tinggi di beberapa titik," jelas Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo Setyo Budiono melalui pesan singkat, Kamis (7/6).

Diakui Setyo, sejumlah titik banjir yang belum bisa dijangkau tim evakuasi SAR gabungan antara lain ada di lingkungan perumahan Citra Muri Kencana, Keling Pengkol, Kepatihan dan jalan Imam Bonjol, Kota Ponorogo.

Berdasarkan informasi yang dikeluarkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ponorogo, banjir dan tanah longsor terpantau di 18 desa 10 kecamatan.

Diakui Setyo Budiono, banjir dan longsor mulai terjadi sejak Selasa (5/3) malam. Pada, Rabu (6/3) pagi, banjir dilaporkan surut. Tapi pada malam hari banjir kembali tinggi.

Banjir mulai menggenangi permukiman warga sejak Rabu (6/3) sekitar pukul 23.00 Wib. Banjir disebabkan hujan deras mulai Rabu malam sampai Kamis pagi yang berakibat meluapnya beberapa sungai di wilayah terdampak tersebut.

"Setelah pendataan, saat ini menjadi 6 kecamatan," terang Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ponorogo, Imam Basori, di Kabupaten Ponorogo, Kamis (7/3) sore. [NN]

Berdasarkan data BPBD sementara sampai sore ini, jumlah pengungsi sebanyak 455 warga, 14 diantaranya adalah lansia dan 35 balita. Pengungsian sendiri tersebar di dua titik yakni di Masjid Agung dan Gedung Sasana Praja.

"Total warga yang mengungsi ini belum termasuk warga yang rumahnya di dekat Sungai Sekayu," tandasnya.

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

26 Jan 2020
26 Jan 2020
26 Jan 2020

Baca Juga

Berita Lainnya